Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Workshop Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah di Provinsi Sumatera Barat
23 September 2019 15:09:24 / sumbar / dibaca: 210 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Padang (23/9), Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat memfasilitasi penyelenggaraan Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP Pemerintah Daerah di Provinsi Sumatera Barat. Acara ini diprakarsai oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerja sama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat. Acara diselenggarakan di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, berlangsung selama 4 hari dimulai pada tanggal 23 September 2019 sampai dengan tanggal 26 September 2019.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, Buyung Wiromo Samudro. Dalam sambutan pembukaan, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat menyampaikan bahwa APIP selaku aparat pengawasan perlu meningkatkan kompetensi untuk dapat melaksanakan tugas audit secara efektif dan efisien serta berkualitas. Auditor pada inspektorat perlu dibekali dengan kemampuan melakukan audit investigatif sebagai respons permintaan APH kepada APIP Daerah terkait pengaduan korupsi. Selain itu, APIP juga perlu dibekali dengan pengetahuan di bidang ilmu hukum dan perlu membuat mekanisme serta SOP (operasional prosedur baku) mengenai audit investigatif mulai dari proses penerimaan penugasan, perencanaan, pelaksanaan sampai dengan penyelesaiannya.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi antara lain Hukum Tindak Pidana Korupsi, Audit Investigatif disertai soal Kasus Audit Investigatif dalam Pengadaan Barang dan Jasa, kemudian Manajemen Penanganan Pengaduan Masyarakat. Pendekatan pembelajaran yang dilakukan adalah studi kasus yang terjadi di lingkungan kerja, sehingga diharapkan masing-masing peserta dapat berdiskusi dan bertukar pikiran dengan dipandu oleh narasumber-narasumber yang berpengalaman di bidangnya yang berasal dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, Kepolisian Daerah Sumatera Barat, Direktorat Pengaduan Masyarakat KPK, dan Auditor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat.

Adapun peserta yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintah di Daerah (P2UPD) dari 20 Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten di Wilayah Sumatera Barat sebanyak 42 orang ditambah Auditor di Lingkungan BPKP Perwakilan Sumatera Barat sebanyak 8 orang.

Humas BPKP Sumbar



Share      

Berita Terkait:

24 Juni 2019 08:52:02 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Kunjungan Inspektorat Kota Padang ke Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat
09 Nopember 2018 08:14:23 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Sosialisasi Pedoman Pengawasan Intern atas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
29 Oktober 2018 10:57:25 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Workshop Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko
16 Oktober 2018 08:00:03 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP dalam Pengawasan Keuangan Daerah
17 September 2018 12:03:04 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Sestama (Sekretaris Utama) BPKP Menjadi Keynote Speaker pada Seminar Nasional di Sumatera Barat