Sosialisasi dan Bimtek Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi

 “Tujuan pelatihan ini adalah adanya acuan baku tentang sistem pelaporan keuangan BUMDes, terbantunya pengelolaan transaksi operasional, akuntansi, dan kinerja BUMDes yang transparan dan akuntabel, serta memperkuat tata kelola keuangan BUMDes di Sumatera Barat”, demikian disampaikan Kepala Bidang UEM, SDA, dan TTG DPMD Provinsi Sumatera Barat, Desrianto Boy, S.Pd., M.Si., dalam Laporan Panitia mengawali kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Implementasi Aplikasi SIA BUMDes bagi pengurus Badan Usaha Milik Nagari se-Provinsi Sumatera Barat di Basko Hotel Padang.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala DPMD Provinsi Sumatera Barat, Drs. H. Syafrizal, M.M., ini, diselenggarakan dalam dua tahap yaitu pada tanggal 9-11 September 2019 dan 16-18 September 2019. Tahap pertama diikuti oleh 59 BUMNag dari 6 Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, sedangkan Tahap kedua diikuti oleh 64 BUMNag dari 7 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat. Tidak hanya pengurus BUMNag, DPMD Provinsi Sumatera Barat selaku penyelenggara kegiatan juga mengundang Tenaga Ahli Ekonomi masing-masing Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat, serta perwakilan dari PWI Sumbar.

Kegiatan yang difasilitasi oleh narasumber dari Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi  Sumatera barat selaku perpanjangan tangan dari BPKP Pusat sebagai pemegang hak cipta dari Aplikasi SIA BUMDes ini, dilaksanakan dengan memberikan sosialisasi mengenai Petunjuk Teknis Penyusunan Laporan Keuangan dan pengenalan Aplikasi SIA BUMDes, setelah itu dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis singkat penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan Aplikasi SIA BUMDes.

Kegiatan yang juga di-support oleh PT Bank BNI (Persero) Tbk Wilayah Padang ini, diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta kegiatan. Hal ini dikarenakan Aplikasi SIA BUMDes memberikan manfaat kepada peserta dalam memudahkan mereka menyusun laporan keuangan yang handal sehingga tujuan kegiatan pelatihan Aplikasi SIA BUMDes ini pun dapat tercapai.

Kegiatan  Sosialisasi dan Bimtek ditutup oleh Koordinator Pengawasan Kelompok JFA Bidang Akuntan Negara Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, Sudiro, Ak. Beliau berpesan kepada peserta agar penatausahaan keuangan dilaksanakan dengan baik dengan menggunakan Aplikasi SIA BUMDes BPKP, dan mengingatkan jangan sampai nantinya dikemudian hari ditemukan masalah hukum yang menimpa BUMNag se-Sumatera Barat yang berkaitan dengan tata kelola keuangan.

 

Humas BPKP Sumbar