Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Sosialisasi dan Workshop Reviu PA, PBJ, dan Penggunaan Dana Desa TW I Tahun 2019 Wilayah Sumbar
09 Mei 2019 13:21:35 / sumbar / dibaca: 2176 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Kamis, 9 Mei 2019 bertempat di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan Sosialisasi dan Workshop Reviu Pengelolaan Anggaran, Pengadaan Barang/Jasa,serta Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa Triwulan I Tahun 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, Buyung Wiromo Samudro didampingi oleh Korwas JFA Bidang APD, Jun Suwarno, InspekturKota Padang, Inspektur Kabupaten Pasaman, dan Inspektur Kabupaten Sijunjung. Sebagai peserta dalam kegiatan ini, tim Reviu dari APIP seluruh Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota di Wilayah Provinsi Sumatera Barat yang terlibat dalam proses reviu.

Pelaksanaan Reviu Penyerapan Anggaran, Pengadaan Barang dan Jasa, dan Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa sudah mengalami perkembangan dari tahun-tahun sebelumnya dan hasil dari reviu diharapkan dapat dimanfaatkan oleh Pimpinan di Daerah dalam pengambilan keputusan. Demikian disampaikan oleh Buyung Wiromo Samudro selaku Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat dalam sambutannya.

“Kegiatan ini sudah berkembang sangat jauh sejak beberapa tahun lalu. Sejak tahun 2015, salah satu yang menjadi trending topic adalah tender Pra DIPA yang diinstruksikan Presiden untuk mempercepat proses pengadaan barang dan jasa. Dalam hal ini BPKP berinisiatif menggerakkan APIP untuk melaksanakan Reviu Penyerapan Anggaran, Reviu PBJ dan Tender Pra DIPA termasuk penyaluran hingga penggunaan Dana Desa. Dimana APIP diharapkan melakukan pengawasan dan menyampaikan hasilnya kepada pimpinan daerah. Tema Reviu terus berkembang hingga pada kualitas belanja. Pelaporan Reviu dilakukan secara bersama baik oleh BPKP maupun oleh Inspektorat daerah kepada pimpinan daerah. Oleh karena itu, dapat diperoleh informasi dengan cepat mengenai kualitas belanja setiap Triwulan, sehingga kepala daerah bisa mengambil keputusan yang cepat dan tepat” Buyung Wiromo Samudro menegaskan kembali.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari Hary Gok Tua Purba terkait Pedoman Reviu, Abdizil Ikhram Lubis yang membahas teknis pengisian Kertas Kerja Reviu, Elvy Natalia Sinurat dan Wildan Vanny Hashona terkait penggunaan Aplikasi berbasis web. Paparan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab dengan para peserta Sosialisasi dan Workshop.

Proses Reviu Pengelolaan Anggaran, PBJ, serta Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa Triwulan I Tahun 2019 serta proses input data hasil reviu pada aplikasi berbasis web, telah dimulai pada tanggal 7 Mei 2019. Ditargetkan selesai pada tanggal 15 Mei 2019 untuk kemudian hasilnya dilaporkan oleh Inspektorat Daerah kepada masing-masing Kepala Daerah.

Humas BPKP Sumbar



Share      

Berita Terkait:

14 Mei 2020 17:47:32 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP Sumbar Gelar Sosialisasi MPAK penanggulangan Covid-19 untuk Pemda se-Sumatera Barat
14 Maret 2020 20:16:15 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP Sumbar Menyampaikan Materi ISO 31000: 2018 Risk Management Guidelines pada PT Semen Padang
12 Maret 2020 15:37:45 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP Sumbar Bekali KPU dengan Manajemen Risiko
11 Maret 2020 18:08:09 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Yuk Berpartisipasi dalam #MencatatIndonesia Tahun 2020
30 Januari 2020 18:38:48 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Sosialisasi Pedoman Pengawasan Pengadaan CPNS Tahun 2019