Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Focus Group Discussion Masyarakat Pembelajaran Anti Korupsi (MPAK)
06 Nopember 2018 17:19:47 / sumbar / dibaca: 1151 kali / Kat: Pemberantasan Korupsi

Korupsi dipandang sebagai kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) yang oleh karena itu memerlukan upaya luar biasa pula untuk memberantasnya. Upaya pemberantasan korupsi yang terdiri dari dua bagian besar, yaitu penindakan dan pencegahan tidak akan pernah berhasil optimal jika hanya dilakukan oleh pemerintah saja tanpa melibatkan peran serta masyarakat.

Oleh karena itu Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Focus Group Discussion Masyarakat Pembelajaran Anti Korupsi (MPAK) Program Pengetasan Kemiskinan. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 6 november 2018 yang diikuti oleh peserta dari Pemerintah Kota Padang yang mana disini Dinas Pertanian Kota Padang, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah serta diikuti juga Masyarakat yang merupakan Kelompok Tani penerima bantuan pengembangan di Kota Padang.

Acara dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Ir. H. Asnel M.Si, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Danny Amanda, Koordinator Pengawasan Investigasi Delliyarti,  Koordinator Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat Dessy Adin dan Koordinator Pengawasan Akuntabilitas Pemerintah Daerah MV Chinggih Widanarto serta Koordinator Pengawasan Akuntabilitas Negara Rasono.

Acara diawali dengan pembacaan laporan kegiatan oleh Mhd Mufid Abdillah yang menyampaikan urutan kegiatan, tujuan dan hasil nantinya setelah diadakannya kegiatan ini. Setelah itu sambutan dari Sekretaris Daerah Kota Padang Ir. H. Asnel M.Si. Berikut dalam sambutannya Ir. H. Asnel M.Si sangat mendukung kegiatan ini diharapkan Focus Group Discussion yang diadakan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat tidak hanya untuk Program Pengentasan Kemiskinan saja juga dibidang-bidang lainnya.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Danny Amanda. Dalam sambutannya Danny Amanda menyampaikan dengan kegiatan ini dapat membangun sistem pencegahan identifikasi risiko. Sistem diharapkan dapat menimbulkan kesadaran anti korupsi serta pada sistem ini juga dapat menerima laporan pengaduan-pengaduan dari masyarakat terkait adanya tindak pidana korupsi.

“Pencegahan dilakukan bukan berarti adanya tidak pidana korupsi ditemukan namun akan lebih baik pencegahan dilakukan sebelum korupsi terjadi” tambah Danny.

Narasumber dari kegiatan Focus Group Discussion Masyarakat Pembelajaran Anti Korupsi (MPAK) Program Pengetasan Kemiskinan ini dilakukan oleh Koordinator Investigasi Delliyarti  dan auditor-auditor Bidang Investigasi Mhd Mufid Abdillah, Sumitra Malwenny, Zumriyatun Laila serta Fitrawati. Dengan diselenggarakan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk ikut serta dalam pemberantasan korupsi dan pemahaman-pemahaman dalam pencegahan tidak korupsi tersebut.

 

(Humas Sumbar - Rudi)



Share      

Berita Terkait:

24 April 2018 15:44:24 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
BPKP Sumbar dan KPK Selenggarakan Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP
06 September 2017 21:21:19 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Sinergi BPKP Sumbar – KPK Dalam Percepatan Implementasi Penuh Siskeudes
31 Oktober 2016 08:01:56 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Sosialisasi WBS, FCP dan GCG pada Stakeholders PT Semen Padang
30 Agustus 2016 10:25:48 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Peningkatan Kapabilitas Serta Penguatan Sinergi Dalam Penanganan Tindak Pidana Korupsi di Sumbar
25 Agustus 2016 15:02:45 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Momentum Penguatan Kinerja Pengawasan Di Sumatera Barat