Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Lompatan Maturitas SPIP Kabupaten Kepulauan Mentawai
01 Nopember 2018 18:47:48 / sumbar / dibaca: 1046 kali / Kat: SPIP

“ASN harus memahami bahwa Sistem Pengendalian Internal ini merupakan kebutuhan mereka, tidak hanya karena diminta oleh BPKP, Inspektur, Wakil Bupati atau Bupati. Sehingga dimanapun mereka bekerja pastinya akan nyaman dan aman di bidang hukum karena tertib administrasi, transparansi manajemen keuangan negara, kebukaan informasi dan komunikasi akan terjamin

Kamis, 1 November 2018, seakan tidak terhalang dengan kondisi geografis yang berbentuk kepulauan untuk mengelola dan meningkatkan manajemen keuangan negara yang baik dan akuntabel, Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake didampingi oleh Inspektur Kabupaten Kepulauan Mentawai Miko Siregar beserta jajarannya datang berkunjung ke Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat yang diterima langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, Danny Amanda, didampingi oleh Auditor Madya Bidang APD Helma Fatiza, Auditor Muda Bidang APD Dedy Irawan dan Auditor Pelaksana Lanjutan Bidang APD Dandy Dwi Darmawan. Kedatangan Wakil Bupati dalam rangka koordinasi dan pemaparan hasil penilaian Maturitas SPIP Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun 2018.

Dalam sambutannya Danny menyampaikan komitmen dari pimpinan Pemerintah Daerah dan jajarannya sangat penting dalam implementasi SPIP sehingga dapat menyakinkan bahwa SPIP ini betul-betul dilaksanakan, tidak hanya formil tetapi juga substansinya. “Pemda yang telah mendapat Level 3 Maturitas SPIP diharapkan tidak mengalami permasalahan di bidang hukum dan dapat mencegah terjadinya tindakan diluar hukum serta dapat memperoleh Laporan Keuangan yang handal dan opini WTP dapat dipertahankan” tegas Danny.

Sependapat dengan Danny, Kortanius dalam sambutannya menegaskan “ASN harus memahami bahwa Sistem Pengendalian Internal ini merupakan kebutuhan mereka, tidak hanya karena diminta oleh BPKP, Inspektur, Wakil Bupati atau Bupati. Sehingga dimanapun mereka bekerja pastinya akan nyaman dan aman di bidang hukum karena tertib administrasi, transparansi manajemen keuangan negara, kebukaan informasi dan komunikasi akan terjamin”.

Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi Inspektur Kabupaten Kepulauan Mentawai Miko Siregar tentang hasil Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun 2018. Dalam presentasinya, Miko menyampaikan bahwa Tahun 2018 Nilai Maturitas SPIP Kabupaten Kepulauan Mentawai menurut hasil Penilaian Mandiri yang dilakukan oleh Assessor di Inspektorat telah berada di Level 3 (terdefinisi). “Nilai ini merupakan kemajuan yang pesat dibandingkan dengan tahun 2017 dimana nilai Maturitas SPIP Kabupaten Kepulauan Mentawai masih berada di Level 1 (Rintisan) namun hasil Penilaian Maturitas SPIP secara Mandiri ini tentunya harus mendapatkan Quality Assurance dahulu dari Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat” pungkas Miko.

Di akhir pertemuan, Danny menambahkan agar Simda Perencanaan segera diimplementasikan di Kabupaten Kepulauan Mentawai sehingga bisa terintegrasi antara perencanaan dengan keuangan dan dapat mencegah terlaksananya kegiatan diluar dari Rencana Strategis Kabupaten Kepulauan Mentawai meskipun dengan SDM yang terbatas, selain itu pengendalian Intern akan semakin mudah dilakukan meskipun Mentawai terdiri dari kepulauan. Untuk Dana Desa Danny juga mengingatkan agar Kepala Desa diajak berakuntabel dengan menggunakan aplikasi Siskeudes, jangan beranggapan karena letaknya dipisahkan laut maka akan luput dari pengawasan Aparat Penegak Hukum dan dapat mengelola Dana Desa dengan seenaknya, tapi harus tetap berakuntabel sehingga Pemerintah Pusat semakin menaruh perhatian ke Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Selanjutnya Kepala Perwakilan dan Wakil Bupati Kepulauan Mentawai berkomitmen untuk terus meningkatkan kerjasama dan koordinasi untuk peningkatan kinerja, mengelola serta meningkatkan manajemen keuangan negara yang baik dan akuntabel.

Semangat Mentawai! Semoga Level 3 Maturitas SPIP dapat tercapai di Tahun 2018! 

(Humas Sumbar - Bdu, Rudi)



Share      

Berita Terkait:

24 Mei 2019 15:31:53 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kunjungan Bupati Pasaman Setelah Pemerintah Kabupaten Pasaman Raih WTP ke-6
24 Mei 2019 14:58:39 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Bupati Pasaman Barat dan Bupati Kepulauan Mentawai Kunjungi BPKP Sumbar
10 April 2019 16:59:29 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
SPIP, Tata Kelola, dan APIP Dalam Mencapai Good Governance dan Clean Government
10 Nopember 2018 12:52:25 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Walikota Sawahlunto Sambangi BPKP Sumbar untuk Eratkan Kerjasama
02 Nopember 2018 16:54:50 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
2 Pimpinan Daerah di Sumbar Ekspos Hasil Penilaian Maturitas SPIP