Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Bangun Koordinasi, Walikota Padang Panjang Terpilih Sambangi BPKP Sumbar
31 Oktober 2018 18:47:26 / sumbar / dibaca: 646 kali / Kat: SPIP

Padang - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Danny Amanda, didampingi oleh Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah MV. Chinggih Widanarto, Korwas Bidang Instansi Pemerintah Pusat Dessy Adin, Korwas Bidang Akuntan Negara Rasono, Kepala Bagian TU Marsudi, serta Auditor di Lingkungan Perwakilan BPKP Sumbar, menerima kunjungan Walikota Padang Panjang Terpilih Periode 2018-2023 Fadly Amran, pada Senin, 29 Oktober 2018. Turut mendampingi Walikota, yaitu Sekretaris Daerah Martoni beserta Inspektur Ervic Rinaldy dan jajaran Inspektorat Daerah Kota Padang Panjang. (29/10)

 

Kedatangan Walikota yang baru dilantik pada 9 Oktober 2018 ini utamanya sebagai bentuk pengenalan dan koordinasi Walikota terpilih dengan Instansi yang terkait dengan tata kelola pemerintahan daerah. BPKP menjadi salah satu prioritas Walikota dalam rangka koordinasi tersebut, mengingat fungsi pendampingan dan pembinaan yang melekat pada BPKP, yang selama ini pun telah diimplementasikan kepada Pemerintah Daerah, termasuk Kota Padang Panjang.

Kepala Perwakilan dalam sambutan yang disampaikan, menjelaskan secara gamblang tentang pelayanan yang BPKP lakukan dengan penekanan pada SPIP dan Kapabilitas APIP. “BPKP secara berkelanjutan melaksanakan pelayanan kepada Pemerintah Daerah dalam berbagai aspek, diantaranya pengelolaan keuangan, akuntabilitas kinerja, serta aspek lainnya.  Namun demikian, kami menekankan kepada Pemerintah Daerah untuk fokus ber-SPIP, sebagai tools utama dalam pencapaian tujuan organisasi, utamanya dengan analisa terhadap risiko dan upaya mitigasinya, serta penguatan Inspektorat sebagai pengawal akuntabilitas”, tutur Danny.

Walikota Fadly Amran selanjutnya menyampaikan harapannya kepada BPKP untuk dapat meneruskan dan menguatkan kerjasama yang selama ini telah terjalin. “Kota Padang Panjang yang meskipun merupakan Kota kecil, menginginkan untuk dapat dikenal secara positif, baik dalam lingkup Sumbar maupun Nasional. Kami akan membangun Padang Panjang sebagai Kota dengan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, profesional, dan transparan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Oleh karenanya, kami tentu berharap agar BPKP dapat mendampingi, serta meneruskan kerjasama yang telah ada selama ini dengan lebih baik”, ungkap Fadly.

Selanjutnya, MV. Chinggih Widanarto menyinggung mengenai kewajiban pelaksanaan SPIP oleh Pemda. “Dengan pendampingan yang BPKP telah lakukan, terutama dalam kaitannya dengan penilaian maturitas SPIP yang sedang berjalan, kami terus ingin menekankan bahwa kewajiban implementasi SPIP bukan semata tanggung jawab Inspektorat, namun melekat pada setiap aparat pemerintah daerah, dari unsur Pimpinan atau Kepala Daerah, hingga unsur terkecil, sesuai dengan fungsi dan tugas yang diemban”, ungkap Chinggih.  

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah menuturkan hasil penilaian mandiri maturitas SPIP yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang Panjang, yang kemudian dipertajam dengan paparan dari Inspektur dan jajaran Inspektorat. Pemaparan hasil penilaian ini, sebagai rangkaian akhir proses quality assurance yang dilakukan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, sebelum dilakukan validasi oleh BPKP Pusat untuk menentukan apakah Pemerintah Kota Padang Panjang telah layak memiliki karakteristik level 3 maturitas SPIP.

Di akhir pertemuan, Kepala Perwakilan dan Walikota saling menyampaikan komitmen untuk terus meningkatkan kerjasama dan koordinasi dalam upaya peningkatan kinerja serta akuntabilitas tata kelola pemerintahan di Kota Padang Panjang, serta menyegerakan capaian Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP ke level 3.

Ayo Padang Panjang Bangkit!

(Humas Sumbar – aRia, Rudi)

 



Share      

Berita Terkait:

10 Nopember 2018 12:52:25 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Walikota Sawahlunto Sambangi BPKP Sumbar untuk Eratkan Kerjasama
02 Nopember 2018 16:54:50 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
2 Pimpinan Daerah di Sumbar Ekspos Hasil Penilaian Maturitas SPIP
01 Nopember 2018 18:47:48 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Lompatan Maturitas SPIP Kabupaten Kepulauan Mentawai
04 Oktober 2018 11:02:16 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Deputi Bidang PKD BPKP Sampaikan Keynote Speech Workshop SIMDA Perencanaan di Sumatera Barat
20 Agustus 2018 11:24:50 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kabupaten Solok Mengayuh Asa Menuju Level 3 Maturitas APIP dan SPIP