Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP dalam Pengawasan Keuangan Daerah
16 Oktober 2018 08:00:03 / sumbar / dibaca: 160 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerjasama dengan BPKP wilayah Sumatera Barat menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP dalam Pengawasan Keuangan Daerah. Workshop ini diselenggarakan di  Aula Perwakilan BPKP Sumatera Barat dimulai tanggal 08 s.d 11 oktober 2018 yang diikuti oleh peserta dari Inspektorat Pemerintah Daerah di Sumatera Barat.

Acara dihadiri oleh Kepala Satuan Tugas Wilayah I KPK Juliawan Superani, Kepala Bagian Tata Usaha Marsudi, Koordinator Pengawasan Program Pelaporan dan Pembinaan APIP Novizar selaku Ketua Penyelenggara, Koordinator Pengawasan Investigasi Delliyarti dan Koordinator Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat Dessy Adin serta Kasubbag Kepegawaian Susan Prasetya.

Acara diawali dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Novizar (Korwas P3A). Dalam sambutannya Novizar mengungkapkan pencapaian level peningkatan 9 Inspektorat sudah level 3 sesuai dengan penilaian BPKP Perwakilan Sumatera Barat, 10 Inspektorat dalam proses quality assurance dan 1 Inspektorat belum menyerahkan laporan Self Assessment. Workshop peningkatan kapabilitas APIP dalam pengawasan keuangan daerah dilaksanakan dengan materi pengadaan barang dan jasa oleh tim LKPP yang disampaikan oleh Linda Mikowali. Probity, Auditi dan audit investigatif oleh tim BPKP Perwakilan, Tidak Pidana Kosupsi oleh tim Kejaksaan Tinggi dan Pengelolaan pengaduan masyarakat oleh tim KPK.

Selanjutkan perwakilan KPK Juliawan Superani menyampaikan sambutannya. “kegiatan ini dibuat agar para APIP dapat menyusun rencana pemeriksaan PKPT lebih efektif dan efisien. Para APIP meningkatkan audit skillnya sehingga diharapkan dapat  meningkatkan pula kualitas hasil pemeriksaannya para APIP dapat membuat rencana aksi yang mendukung pencegahan korupsi di masing-masing Provinsi/Kabupaten/Kota wilayah Sumatera Barat”, ungkap Juliawan.

               Dengan diselenggarakan workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja APIP baik itu dalam skill auditnya sampai dengan menyusun rencana pemeriksaan PKPT sehingga mendukung pencegahan korupsi di wilayah pemerintahan Sumatera Barat.

 

(Humas BPKP Sumbar - Rudi)



Share      

Berita Terkait:

09 Nopember 2018 08:14:23 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Sosialisasi Pedoman Pengawasan Intern atas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
29 Oktober 2018 10:57:25 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Workshop Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko
17 September 2018 12:03:04 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Sestama (Sekretaris Utama) BPKP Menjadi Keynote Speaker pada Seminar Nasional di Sumatera Barat
21 April 2017 14:19:34 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Sosialisasi Reviu PA, PBJ, dan P3DN Triwulan I Tahun 2017 di Wilayah Sumatera Barat
29 April 2016 18:13:58 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
APIP SUMBAR HEBAT!