Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Kabupaten Solok Mengayuh Asa Menuju Level 3 Maturitas APIP dan SPIP
20 Agustus 2018 11:24:50 / sumbar / dibaca: 476 kali / Kat: SPIP

Genap satu minggu setelah kunjungan Bupati Solok, Kamis, 16 Agustus 2018 bertempat di ruang kelas Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat diselenggarakan Coaching ClinicPercepatan  Peningkatan Level Maturitas SPIP pada Pemerintah Kabupaten Solok. Peserta Workshop terdiri dari Tim Asesor dan Counter Part dari 13 OPD sampel di lingkungan pemerintah Kabupaten Solok.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Inspektur Pembantu I Syafrizal Saidina yang mewakili Inspektur Kabupaten Solok. Syafrizal menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Kabupaten Solok untuk meraih level 3 dalam penilaian Maturitas Level SPIP sekaligus sebagai tindak lanjut atas Bimbingan Teknis Penilaian Maturitas Level SPIP yang telah dilaksanakan pada tahun 2016 dan 2017. Syafrizal juga menegaskan bahwa SPIP merupakan sebuah proses yang terintegrasi mulai dari manajemen level atas hingga para pegawai di setiap OPD. “Kita harus memahami bahwa SPIP harus menjadi komitmen semua pihak. Inspektorat dalam hal ini hanya berperan dalam memfasilitasi.” Selanjutnya, Syafrizal juga menyampaikan harapannya agar BPKP Provinsi Sumatera Barat bisa terus memberikan dukungan dan pembinaan terhadap kegiatan penilaian Maturitas Level SPIP Kabupaten Solok ini.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Pengawasan Bidang APD MV Chinggih Widanarto yang mewakili Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat juga menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini. “Bapak dan Ibu dari Bagian Perencanaan ini diberi mandat untuk menunjukkan nilai kinerja dari Kepala Daerah.” Chinggih juga menyampaikan bahwa APIP merupakan role model akuntabilitas. “Karena itu Survey Persepsi Awal dilaksanakan oleh APIP. Sebagai APIP tentunya diharapkan capaian minimal sudah berada di level 3.” Chinggih menambahkan bahwa APIP diberi tanggung jawab untuk mampu menjadi partner setiap OPD dalam melakukan kegiatan penilaian Maturitas Level SPIP ini. APIP juga yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan pemahaman mengenai SPIP ini kepada OPD-OPD lain.

Selanjutnya Chinggih juga menyinggung mengenai Continuous Auditing dan Continuous Monitoring (CACM). Continuous Auditing diharapkan untuk dilaksanakan oleh APIP dalam bentuk pengawasan berkelanjutan terhadap institusi yang menjadi tanggung jawab mereka. Sedangkan Continuous Monitoringdilaksanakan oleh manajemen masing-masing OPD dalam bentuk reviu dan monitoring atas kinerja OPD-nya secara real time. Hasil monitoring yang real time inilah yang menjadi dasar bagi APIP dalam melaksanakan audit, sehingga audit tidak lagi dilaksanakan secara tradisional namun dalam bentuk on going audit.“SPIP adalah tools atau alat dalam melaksanakan Continuous Monitoring. SPIP berisi mitigasi risiko dalam bentuk RTP. RTP inilah yang nanti diserahkan kepada APIP untuk dianalisis dan selanjutnya menjadi dasar untuk melaksanakan audit.”

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah oleh Auditor Madya Helma Fatiza dan pengenalan aplikasi e-SPIP serta dokumen yang dibutuhkan dalam pengujian bukti oleh Auditor Pertama Trya Mustika Nurita Sari dengan diselingi tanya jawab dengan para peserta.

Humas BPKP Sumbar - Ola, Yogh



Share      

Berita Terkait:

10 Nopember 2018 12:52:25 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Walikota Sawahlunto Sambangi BPKP Sumbar untuk Eratkan Kerjasama
02 Nopember 2018 16:54:50 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
2 Pimpinan Daerah di Sumbar Ekspos Hasil Penilaian Maturitas SPIP
01 Nopember 2018 18:47:48 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Lompatan Maturitas SPIP Kabupaten Kepulauan Mentawai
31 Oktober 2018 18:47:26 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Bangun Koordinasi, Walikota Padang Panjang Terpilih Sambangi BPKP Sumbar
04 Oktober 2018 11:02:16 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Deputi Bidang PKD BPKP Sampaikan Keynote Speech Workshop SIMDA Perencanaan di Sumatera Barat