Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Bupati Pasaman Barat Serahkan Laporan Kompilasi Keuangan Desa Semester I Tahun 2018
10 Agustus 2018 17:05:54 / sumbar / dibaca: 93 kali / Kat: SPIP

Jumat, 10 Agustus 2018, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Danny Amanda, menerima kunjungan Bupati Pasaman Barat Syahiran. Kedatangan Bupati dalam rangka menyerahkan Laporan Kompilasi Pengelolaan Keuangan Desa berbasis Aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa), serta mendiskusikan perkembangan proses penilaian level Maturitas SPIP Kabupaten Pasaman Barat. (10/8).

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Danny Amanda, didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang APD MV. Chinggih Widanarto, Auditor Madya Bidang APD Helma Fatiza, Auditor Pertama Bidang APD Arief Karna dan Rafiola Fitri, menerima kunjungan Bupati Pasaman Barat Syahiran, pada Jumat, 10 Agustus 2018. Kedatangan Bupati dalam rangka silaturahmi sekaligus menyerahkan Laporan Kompilasi Pengelolaan Keuangan Desa berbasis Aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa).

Pada kesempatan ini, Bupati yang didampingi Inspektur Harisman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari Etris Desem dan Kepala Bidang Kelembagaan Pemberdayaan Masyarakat Yonnisal berkenan secara langsung menyerahkan Laporan Kompilasi Siskeudes, sekaligus menyampaikan rasa terima kasih dan meminta kepada Kepala Perwakilan untuk selalu membimbing Pasaman Barat, sehingga bisa mengejar ketertinggalan dari daerah yang lain. Kepala Perwakilan dalam balasannya menyampaikan apresiasi kepada Bupati atas Penyerahan Laporan Kompilasi tersebut. Pasaman Barat merupakan kabupaten kedua yang telah menyerahkan laporan setelah Kabupaten Agam. Kepala Perwakilan juga menyatakan bahwa BPKP Sumatera Barat selalu siap membantu akuntabilitas dan peningkatan Kapabilitas APIP setiap stakeholder-nya.

Selanjutnya terkait dengan kegiatan penilaian level Maturitas SPIP Kabupaten Pasaman Barat, Syahiran juga berkenan menyimak penjelasan dari Auditor Pertama Dola Indrayani Putri mengenai hasil Survei Persepsi Awal degan menggunakan aplikasi e-SPIP yang telah selesai dilaksanakan dengan hasil perolehan sementara 3,013. Dola juga menyampaikan bahwa hasil tersebut masih perlu proses penilaian lebih lanjut dan saat ini sedang dalam tahap pengumpulan kelengkapan dokumen bukti oleh Tim Asesor dan Counter Part dari masing-masing OPD.

Dalam kesempatan ini, MV. Chinggih Widanarto juga menyampaikan bahwa penilaian Level Maturitas SPIP seharusnya menjadi induk dari semua penilaian kinerja. “Kalau SPIP sudah bagus, seharusnya hal ini juga merembet kepada hasil penilaian yang lain seperti LAKIP, PK APIP dan EKPPD. Melalui aplikasi e-SPIP ini juga semua perkembangan yang ada bisa dimonitor dari mana saja,” kata Chinggih sambil memperlihatkan papan dashboard yang berisi profil Pemerintah Daerah di Sumatera Barat.

Di akhir pertemuan, Bupati menyampaikan harapannya untuk meningkatkan kerja sama antara Kabupaten Pasaman Barat dengan BPKP dalam rangka memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada.

Humas BPKP Sumbar (Ola, Rief)



Share      

Berita Terkait:

20 Agustus 2018 11:24:50 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kabupaten Solok Mengayuh Asa Menuju Level 3 Maturitas APIP dan SPIP
09 Agustus 2018 16:59:24 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kabupaten Solok Berkomitmen Tingkatkan Level Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP
30 Juli 2018 17:11:29 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Bertekad Pertahankan Level 3, Walikota Minta BPKP Kawal Implementasi Akuntabilitas di Payakumbuh
25 April 2018 15:13:28 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat Menuju Maturitas SPIP Level 3
17 Maret 2018 21:06:44 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
PENYERAHAN DOKUMEN RTP TERKAIT PENCAPAIAN MATURITAS SPIP LEVEL 3 KABUPATEN LIMA PULUH KOTA