Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

PENYERAHAN DOKUMEN RTP TERKAIT PENCAPAIAN MATURITAS SPIP LEVEL 3 KABUPATEN LIMA PULUH KOTA
17 Maret 2018 21:06:44 / sumbar / dibaca: 4263 kali / Kat: SPIP

Jumat, 16 Maret 2018, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, menerima kunjungan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi ke kantor Pewakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat di Aie Pacah dalam rangka menyerahkan dokumen RTP sebagai salah satu pemenuhan sub unsur penilaian Maturitas SPIP.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Danny Amanda, yang didampingi oleh Korwas Bidang APD MV. Cinggih Widanarto, Pengendali Teknis Wahyu Nurdin, Ketua Tim Dedy Irawan menerima kunjungan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi. Pada kesempatan tersebut, Bupati Limapuluh Kota menyerahkan dokumen Rencana Tindak Pengendalian (RTP). Turut mendampingi Sekretaris Daerah Taufik Hidayat, Assisten II Fitma Hendrayani, Assisten I Deddy Permana, Inspektur Azwardi, Z, Kepala Bappeda Widya Putra, Kepala Badan Keuangan Irwandi, dan Kepala BKPSDM Aneta Budi Putra.Mengawali pembicaraan, Bupati Limapuluh Kota menyampaikan maksud kedatangannya, yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian detil informasi Proses penyusunan RTP di Kabupaten Limapuluh Kota "Saya berterimakasih kepada BPKP, karena kemarin kami dinilai maturitas SPIPnya masih dibawah 3, hal itu menyadarkan saya sebagai pimpinan untuk segera berbenah, makanya setelah pencerahan dari Pak Kaper dan tim, dan saya segera meminta kepada Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan seluruh Kepala OPD dan  satgas SPIP segera memperioritaskan perbaikan. Kemaren-kemaren bahkan hari sabtu dan minggu saya suruh bekerja di Pandopo Rumah Dinas Bupati. "Penyerahan RTP ini merupakan salah satu wujud komitmen kami dalam implementasi SPIP, khususnya dalam pemenuhan sub unsur penilaian Maturitas”, ujar Bupati.

Dalam tanggapan balasannya Danny Amanda menyampaikan terkait esensi dari SPIP, “Saat ini, implementasi SPIP menjadi amat penting, mengingat pemeriksaan keuangan yang dilakukan oleh BPK maupun penilaian kinerja yang dilakukan oleh Kemenpan, mengacu pada penilaian atas pengendalian intern yang dijalankan oleh unit organisasi”, urai Danny. Lebih jauh Danny menambahkan, ultimate goals dari SPIP ini adalah sebagaimana sejak awal Presiden Jokowi menjelaskan Inpres 9, yaitu penilaian SPIP dan kualitas APIP dalam mensejahterakan masyarakat, nah... untuk itu dokumen RTP ini, pada akhirnya diharapkan tidak hanya menjadi unsur pemenuhan parameter penilaian maturitas SPIP saja, namun dapat benar-benar menjadi pegangan organisasi dalam melakukan pengendalian pada pelaksanaan tata kelola pemerintahan”, tegasnya.

Pada kesempatan yang baik ini, MV. Cinggih Widanarto menambahkan, "akan semakin afdol pak Bupati, jika Kabupaten Limapuluh Kota bisa lebih bersinergi dengan BPKP bila menggunakan aplikasi produk BPKP, seperti Simda Keuangan, Simda Pendapatan dan Simda Perencanaan sebagai perwujudan implementasi SPIP".

Saya setuju!! jawab Bupati, bahkan lebih jauh Irfendi Arbi menjelaskan "BPKP adalah kita, saya percaya dengan adanya SDM yang hebat dan pengetahuan yang dimilikinya akan mampu mengawal akuntabilitas. Saya sudah pusing begitu banyak yang menawarkan macam-macam aplikasi, cukup BPKP saja, jelas alamatnya, jelas tugasnya, catat itu!! sambil memerintahkan kepada Sekda, BKD, Bappeda, BKPSDM untuk segera menindaklanjuti secara teknis.

"Saya mohon Pak Kaper,  Bapak tetap saya minta mendampingi kami, pertemuan ini sangat membawa berkah bagi kami dan rakyat Kabupaten Limapuluh Kota, kami jadi tahu bahwa masih banyak yang harus kami laksanakan, apalagi setelah mendengar ada Sisdur yang terintegrasi dari BPKP.

Danny Amanda dan Irfendi Arbi diakhir pertemuan menyampaikan akan tetap saling berkomitmen untuk terus meningkatkan kerjasama dan koordinasi dalam upaya peningkatan kinerja serta akuntabilitas tata kelola pemerintahan di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan paparan sekilas terkait bisnis proses Simda Perencanaan yang di sampaikan oleh Auditor Pelaksana BPKP saudara Abdizil

Salam SPIP...dari hati....komitmen..... integritas....risiko...kerjasama....bahagia......!!!

Bersama mewujudkan rakyat sejahtera. !!!!



Share      

Berita Terkait:

25 April 2018 15:13:28 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat Menuju Maturitas SPIP Level 3
15 Maret 2018 16:16:23 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Momentum Penguatan SPIP dan Peningkatan Kapabilitas APIP Di Sumatera Barat
07 Maret 2018 10:25:56 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
SHARING SESSION INSPEKTUR KABUPATEN PADANG PARIAMAN TERKAIT PENCAPAIAN MATURITAS SPIP LEVEL 3
27 Pebruari 2018 18:23:13 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Untuk Peningkatan Maturitas Di Wilayah Provinsi Sumbar, BPKP Sumbar Selenggarakan Workshop SPIP
22 Desember 2017 14:59:19 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Komitmen Mentawai dalam Meningkatkan Level SPIP, Kapabilitas APIP, dan SISKEUDES dalam Keterbatasan