Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

SHARING SESSION INSPEKTUR KABUPATEN PADANG PARIAMAN TERKAIT PENCAPAIAN MATURITAS SPIP LEVEL 3
07 Maret 2018 10:25:56 / sumbar / dibaca: 4603 kali / Kat: SPIP

Rabu, tanggal 28 Februari 2018 Inspektur Kabupaten Padang Pariaman Syafriwal atau biasa dipanggil Alex dengan didampingi Sekretaris (Salmi), Auditor Madya (Chairul) dan tim, berkunjung ke kantor Pewakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat di Aie Pacah. Kunjungan tersebut untuk memenuhi undangan Korwas Bidang APD MV Chinggih Widanarto, dalam rangka kegiatan Sharing Session kepada seluruh auditor Bidang APD. 

Sharing Session yang disampaikan terkait Langkah-langkah Penyelenggaraan SPIP di Kabupaten Padang Pariaman, sekaligus diskusi untk membuka pemahaman kepada para auditor Bidang APD agar tahu proses yang dilakukan oleh Satgas SPIP Kabupaten Padang Pariaman dalam upaya mencapai maturitas SPIP ke level 3.

Dalam penyampaiannya, Inspektur menyatakan rasa syukur atas keberhasilan Kabupaten Padang Pariaman memperoleh level 3 Maturitas penyelenggaraan SPIP di tahun 2017.  Keberhasilan  tersebut tidak lepas dari dukungan dan komitmen Bupati Padang Pariaman, yang menjadikan nilai level maturitas penyelenggaraan SPIP di Kabupaten Padang Pariaman dapat mencapai level 3 sesuai target yang harus dipenuhi pada tahun 2017.

“Untuk itu, beberapa orang pegawai telah diikutkan dalam Bimbingan Teknis SPIP, untuk meningkatkan pemahaman terhadap penyelenggaraan SPIP”, tambahnya.

Sehingga, peran aktif dari Tim Satgas SPIP Kabupaten Padang Pariaman sangat membantu untuk memastikan kelengkapan pemenuhan parameter untuk penilaian level maturitas SPIP, berkoordinasi dengan Satgas SPIP di masing-masing OPD terkait penyelenggaraan SPIP di tingkat OPD, merespon secara cepat atas adanya laporan kendala-kendala yang dihadapi serta selalu berkoordinasi dangan Tim SPIP Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat terhadap permasalahan dan jalan keluar yang efektif. Dengan demikian terjalin komunikasi yang intens dan baik antara Inspektorat Kabupaten Padang Pariaman dengan BPKP Provinsi Sumatera Barat.

Ditambahkan pula oleh Inspektur bahwa rencana ke depan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman akan menyusun Desain/Roadmap Penyelenggaraan SPIP, menjadikan seluruh OPD Pemda Padang Pariaman menerapkan SPIP dan sampai ke Pemerintahan Nagari, mendorong seluruh OPD untuk menjadikan penerapan SPIP sebagai sebuah kebutuhan organisasi, meningkatkan kompetensi dan kapasitas SDM Satgas SPIP Kabupaten dan Satgas OPD, yang akan menjadi agen perubahan dalam penerapan SPIP dan melakukan Self Assessment level maturitas SPIP.

“Tentunya kami masih tetap berharap dukungan dari BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Barat” kata Inspektur mengakhiri pembicaraannya.

Acara Sharing Session yang dikemas dengan RDK ini dilanjutkan dengan diskusi antar auditor untuk mendapatkan pola dan strategi pembinaan SPIP bagi Kabupaten/Kota lainnya.

Salam SPIP...dari hati....komitmen..... integritas....risiko...kerjasama....bahagia......!!!



Share      

Berita Terkait:

04 Oktober 2018 11:02:16 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Deputi Bidang PKD BPKP Sampaikan Keynote Speech Workshop SIMDA Perencanaan di Sumatera Barat
20 Agustus 2018 11:24:50 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kabupaten Solok Mengayuh Asa Menuju Level 3 Maturitas APIP dan SPIP
10 Agustus 2018 17:05:54 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Bupati Pasaman Barat Serahkan Laporan Kompilasi Keuangan Desa Semester I Tahun 2018
09 Agustus 2018 16:59:24 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kabupaten Solok Berkomitmen Tingkatkan Level Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP
30 Juli 2018 17:11:29 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Bertekad Pertahankan Level 3, Walikota Minta BPKP Kawal Implementasi Akuntabilitas di Payakumbuh