Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Kota Payakumbuh Siap Menggapai Maturitas SPIP Level 3 Tahun 2017
24 Agustus 2017 15:25:24 / sumbar / dibaca: 558 kali / Kat: SPIP

Senin, 21 Agustus 2017, bertempat di Aula Walikota “Kota BATIAH” Payakumbuh, diselenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh yang dilaksanakan pada 21 s.d. 23 Agustus 2017.

Bertindak sebagai Narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat yaitu Gusti Andri (Auditor Madya), didampingi Sumitra Malwenny (Auditor Muda) dan Dola Indrayani Putri (Auditor Pelaksana). Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Inspektur, Kepala SOPD di Lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh, serta diikuti oleh Kasubag Program dan Keuangan di seluruh SOPD di Lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh sebagai peserta kegiatan. Kegiatan ini sebagai wujud tekad Pemerintah Kota Payakumbuh untuk menggapai Target Maturitas SPIP Level 3 pada tahun 2017 ini, dengan menyelenggarakan SPIP secara efektif dan efisien, sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Danny Amanda dalam kata sambutannya menekankan agar top management sampai dengan lower management pada setiap SOPD memahami setiap risiko yang menghambat pencapaian tujuan organisasi. “Agar seluruh personil organisasi dapat memahami risiko, maka perlu dilaksanakan kegiatan Penilaian Risiko sebagai dasar untuk menentukan bagaimana risiko akan dikelola, yang selanjutnya dituangkan dalam dokumen Rencana Tindak Pengendalian (RTP)”, urai Danny.  

Dalam kesempatan ini Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Plh. Sekda Kota Payakumbuh Amriul. M. M.Pd, memberikan apresiasi yang tinggi atas kesediaan BPKP dalam memberikan transfer of knowledge, dan bertekad mewujudkan Maturitas SPIP kota payakumbuh tahun 2017 berada pada level 3, dimana hasil penilaian Baseline Maturitas SPIP yang telah dilakukan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat berada pada level 2 (berkembang), dengan skor 2,678.

“Kepada seluruh peserta kegiatan, kami menghimbau agar bisa mengikuti dengan serius, dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dalam kegiatan Bimtek penyusunan RTP ini”, tegas Amriul. “Selanjutnya seluruh OPD agar menyerahkan dokumen RTP kepada Inspektorat  pada minggu ke-3 bulan September 2017”, tambah Amriul.  

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, Inspektorat Kota Payakumbuh akan melakukan self assesment Penilaian Peningkatan Maturitas SPIP dan menyerahkan hasilnya kepada BPKP untuk kemudian dilakukan proses quality assurance.  

 

Humas Sumbar - dola



Share      

Berita Terkait:

22 Desember 2017 14:59:19 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Komitmen Mentawai dalam Meningkatkan Level SPIP, Kapabilitas APIP, dan SISKEUDES dalam Keterbatasan
24 Nopember 2017 17:19:57 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Penyerahan Dokumen RTP oleh Wakil Walikota Pariaman kepada Kepala Perwakilan BPKP Sumbar
09 Oktober 2017 18:34:33 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Kunjungan ke BPKP Sumbar, Wakil Walikota Sampaikan Dokumen RTP Kota Payakumbuh
05 Oktober 2017 23:36:06 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
ISI BIMTEK DI KPU, KAPER SUMBAR TEGASKAN PENTINGNYA PETA RISIKO DALAM SPIP
20 September 2017 15:02:07 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Penguatan Penyelenggaraan SPIP Kabupaten Solok: Melangkah Menuju Maturitas Level 3