Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Sawahlunto Siap Implementasikan Penuh Siskeudes Tahun 2017
14 Agustus 2017 17:23:35 / sumbar / dibaca: 1868 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Rabu, 2 Agustus 2017, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Perlindungan Anak Kota Sawahlunto, Dedi Sahendri secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Aparatur Desa Dalam Bidang Manajemen Pemerintahan Desa dan Pengelolaan Keuangan Desa (Bintek Aplikasi Siskeudes Tahun Anggaran 2017) pada 27 Pemerintah Desa di Wilayah Kota Sawahlunto. Kegiatan yang diikuti oleh Kepala Urusan Keuangan dan Bendahara di tingkat Desa ini diselenggarakan mulai tanggal 2 hingga 3 Agustus 2017, bertempat di Museum Gudang Ransoem, Sawahlunto.

Pada kesempatan itu, Dedi menyampaikan arahan dan pesan kepada seluruh peserta kegiatan. “Pengelolaan dana desa yang demikian besar harus dapat didukung dengan transparansi dan akuntabilitas yang baik, yang salah satunya diharapkan dapat tercapai dengan melaksanakan proses penatausahaan melalui Siskeudes. Kepada seluruh peserta kegiatan, diharapkan agar dapat mengikuti seluruh proses dengan baik dan menyimak dengan seksama arahan dari Narasumber.” 

Bertindak sebagai Fasilitator dalam kegiatan ini yaitu Aria Permana (Auditor Pertama), Ar Kamardi Indra (Auditor Pelaksana), dan Eko Mardiono (Auditor Pelaksana). Seluruh peserta difasilitasi dalam melakukan proses penginputan APB Desa Tahun Anggaran 2017, yang ditarget selesai pada akhir Agustus 2017.

Pada sela-sela kegiatan, tim fasilitator memohon waktu untuk bertemu dengan Sekretaris Daerah dan Inspektur untuk menyampaikan pesan Kepala Perwakilan BPKP. Kepada Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Rovanly Abdams, Kepala Perwakilan BPKP Sumbar meminta kepada Pemerintah Kota Sawahlunto untuk lebih meningkatkan akuntabilitas, baik tata kelola maupun pengawasan terhadap dana desa, mengingat hasil pantauan, Sawahlunto termasuk yang belum melaporkan sama sekali penggunaan aplikasi siskeudesnya. Ditambahkan juga bahwa secara teknis untuk kelancaran implementasinya BPKP selalu siap memberikan dukungan. Atas pesan yang disampaikan, Rovanly Abdams yang didampingi oleh Inspektur, Yusnimar mengatakan “Kami berkomitmen untuk mengimplementasikan Siskeudes, termasuk melalui dukungan anggaran dan pembentukan Satgas Siskeudes yang fungsinya akan ditambahkan pada Tim Pembina dan Tim Teknis Pengelolaan Keuangan Desa yang saat ini sudah dibentuk”, ungkapnya.  

Selanjutnya, sebagai bagian dari komitmen Pemerintah Kota Sawahlunto kepada BPKP Perwakilan Provinsi Sumbar, Sekda mengharapkan pada Tahun Anggaran 2017 ini Aplikasi Siskeudes dapat diimplementasikan penuh, mulai dari proses penginputan APB Desa Tahun Anggaran 2017, hingga proses penatausahaan dan pelaporan.

Ayo Sawahlunto......................... anda bisa!!!

 

Humas Sumbar - eko



Share      

Berita Terkait:

16 Juli 2018 14:51:07 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kepala Perwakilan BPKP Mendampingi Gubernur Sumatera Barat Menerima Kunjungan DPD RI
25 Mei 2018 14:13:05 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Pasaman dan Pariaman Raih WTP, Kepala Daerah Kunjungi Perwakilan BPKP Sumatera Barat
09 April 2018 09:44:37 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai Berkomitmen Tingkatkan Tata Kelola Pemerintahan
03 April 2018 17:35:44 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
DPRD Kabupaten Agam : Bersama BPKP Wujudkan Transparansi Keuangan Pemerintah Daerah
27 Pebruari 2018 18:24:08 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
19 NAGARI KABUPATEN PASAMAN BARAT COACHING CLINIC APLIKASI SISKEUDES DI PERWAKILAN BPKP SUMBAR