Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Solok Selatan Bertekad Menyusul Implementasi Penuh Siskeudes Tahun 2017
16 Juli 2017 15:32:57 / sumbar / dibaca: 133 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Jumat, 14 Juli 2017, kegiatan Pelatihan Aparatur Desa Dalam Bidang Manajemen Pemerintahan Desa dan Pengelolaan Keuangan Desa (Bintek Aplikasi Siskeudes Tahun Anggaran 2017)pada 39 Pemerintah Nagari/Desa di Wilayah Kabupaten Solok Selatan secara resmi ditutup. Kegiatan yang diikuti oleh Sekretaris dan Bendahara Nagari, serta Operator Siskeudes di tingkat Nagari dan Kecamatan ini diselenggarakan mulai tanggal 13 hingga 14 Juli 2017, bertempat di Hotel Axana, Padang.

Bertindak sebagai Fasilitator dalam kegiatan ini yaitu Helma Fatiza (Auditor Madya), Aria Permana (Auditor Pertama), serta Dola Indrayani Putri (Auditor Pelaksana). Pada kesempatan ini seluruh peserta difasilitasi dalam melakukan proses penginputan APB Nagari Tahun Anggaran 2017.

Dalam acara pembukaan yang diselenggarakan pada tanggal 13 Juli 2017 di tempat yang sama, Koordinator Pengawasan Bidang APD Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat yang mewakili Kepala Perwakilan menyampaikan arahan kepada peserta kegiatan. “Penggunaan Aplikasi Siskeudes ini merupakan amanat langsung Presiden. Tujuan terpentingnya adalah agar pengelolaan dana desa yang demikian besar ini didukung dengan akuntabilitas yang baik. Jadi nanti, segera setelah proses penganggaran selesai, mohon agar seluruh Nagari melaksanakan proses penatausahaan melalui Siskeudes, sehingga pada pelaporan dana desa tahap I Bulan Juli ini telah menggunakan output dari Aplikasi Siskeudes, termasuk Laporan Kompilasi pada akhir Tahun Anggaran nanti,” jelasnya.  

Menyambut apa yang disampaikan Chinggih, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari Kabupaten Solok Selatan Basrial, menyatakan hal senada. “Kepada seluruh peserta kegiatan, kami harapkan agar dapat mengikuti seluruh proses dengan baik dan menyimak dengan seksama arahan dari Narasumber. Kami ingin agar hasil dari kegiatan ini dapat terlihat dengan nyata, jangan sampai waktu dan sumber daya yang kita keluarkan menjadi kurang bermanfaat. Untuk itu, kami berharap agar proses penginputan dan output dari Siskeudes dapat diselesaikan dalam waktu satu pekan dari sekarang, untuk kemudian kami laporkan kepada BPKP,” tegasnya.

Sebagai bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dan BPKP Sumbar, diharapkan pada Tahun Anggaran 2017 ini Aplikasi Siskeudes dapat diimplementasikan secara penuh, mulai proses penganggaran yang saat ini dilakukan, hingga nanti pada proses penatausahaan dan pelaporan.

 

Humas Sumbar - aR



Share      

Berita Terkait:

14 Juli 2017 20:53:17 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Berpacu Mengejar Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa dengan Siskeudes
29 April 2017 21:00:23 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
MEWUJUDKAN KEUANGAN YANG BERSIH DAN TERTIB DI SELURUH NAGARI KABUPATEN SOLOK
25 Maret 2017 17:55:15 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kabupaten Kepulauan Mentawai Merajut Harapan bersama BPKP di Provinsi Sumatera Barat
01 Maret 2017 15:17:05 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kunjungan Kerja Badan Keahlian DPR RI ke Perwakilan BPKP Sumbar
17 Januari 2017 16:35:21 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Apresiasi Pada BPKP Atas Penghargaan Yang Diterima Pemkot Pariaman Terkait Implementasi SISKEUDES