Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

KAB. SOLOK SELATAN, KAB. TANAH DATAR DAN KAB. PASAMAN BARAT, BERTERIMA KASIH KEPADA BPKP
22 Juni 2017 12:22:52 / sumbar / dibaca: 529 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Solok Selatan, Irwanesa yang juga DPIL BPKP, pada Rabu  tanggal 14 Juni 2017 sowan ke BPKP Sumatera Barat. Kedatangannya dalam rangka melaporkan hasil pemeriksaan BPK untuk tahun 2016 telah meraih Opini WTP.

Diterima oleh Danny Amanda di ruang Koordinator Pengawasan Bidang APD, Irwanesa menyampaikan. “Saya di utus Bupati pak, untuk menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada BPKP, berkat bimbingan dan arahan BPKP juga, kami dapat memperoleh opini WTP.” Tandas Irwanesa, “Selanjutnya kami tetap mohon bimbingan agar ke depannya lebih baik lagi dan mampu mempertahankan opini yang sudah diperoleh, mengingat aplikasi yang digunakan sudah menggunakan SIMDA BPKP.” Lanjutnya.

“Kami mengucapkan selamat kepada Pemkab Solok Selatan yang sudah meraih prestasi Opini LKPD WTP, namun saya tetap titip agar Kabupaten Solok Selatan segera membangun SPIPnya, karena levelnya masih 1, sehingga nantinya opini kita semakin lengkap kualitasnya.” Selain itu Danny Amanda  juga mengingatkan kembali implementasi SISKEUDES yang belum seluruh nagari mengimplementasikan.

Menyusul kemudian pada hari Rabu Selasa tanggal 2o Juni 2017, menghadap Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Danny Amanda, dipimpin Hendri. BSc yang juga sebagai Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tanah Datar beserta staf. Diterima di ruang Kepala Perwakilan, Hendri mengatakan, “Kedatangan kami utamanya untuk menyampaikan rasa terima kasih pimpinan tertinggi kepada BPKP, yang tidak kunjung lelah membimbing kami, sehingga dapat 5 kali berturut-turut meraih opini dengan predikat WTP.” “Dan kami tetap ingin BPKP selalu membimbing kami,” sambungnya.

Danny Amanda dalam balasan sambutannya juga mengapresiasi. “ Selamat untuk Kabupaten Tanah Datar, semoga dengan WTP yang ke lima kali, pemerintah Kabupaten Tanah Datar mampu menjaga Akuntabilitasnya. Sekalian saya titip Dana Desa dan SPIP terus dikembangkan.” Juga diingatkan oleh Danny,” Perlunya sinergi SPIP dan APIP menuju level 3 untuk mendukung kualitas LKPD. Meski SPIP sudah level 3, tolong diingatkan kembali agar dilakukan self Assessment  kembali, jangan sampai ketika di ukur kembali malah turun levelnya.”

“Baik Pak kaper, nanti akan saya sampaikan kepada inspektorat dan pimpinan. Prinsipnya kami akan menjalankan apa yang di himbau oleh BPKP,” balas Hendri.

Keesokannya, Rabu tanggal 21 Juni 2017, rombongan dari Kabupaten Pasaman Barat, yang dipimpin oleh Teguh Kepala Badan Keuangan Daerah, juga menghadap Kepala Perwakilan. “Kami diutus Bupati pak untuk mengucapkan rasa terima kasih yang tak terkira, karena berkat bimbingan dan arahan dari BPKP, kami juga meraih opini WTP untuk pertama kali. Selanjutnya pimpinan mengutus kami langkah – langkah apa saja berikutnya yang harus kami lakukan, terlebih kami sudah mengharapkan bisa diimplementasikannya E_Planning di tempat kami. Sekaligus kami mengharapkan Bapak bisa mengunjungi Pasaman BaratUjar teguh yang juga di dampingi oleh sekretaris dari BAPPEDA Kab. Pasaman Barat.

“Kami mengapresiasi atas prestasi Kabupaten Pasaman Barat, sampaikan salam saya untuk pak Bupati,suatu saat pasti saya akan datang !” jawab Danny Amanda. “sekaligus saya minta tolong, ini say minta tolong ya..! Pasaman Barat agar membangun SPIP nya dan juga APIPnya. Ini sangat diperlukan, karena tidak akan berjalan jika tidak ada willingness”. Sebaliknya kami juga akan selalu menolong. Nah rasa percaya dan willingness inilah yang harus selalu dibangun sehingga ada ikatan dan persamaan persepsi dalam mengakkan tata kelola pemerintahan secara akuntabel.” Pinta Dannya Amanda. “satu lagi, pengelolaan dana desa melalui SISKEUDES agar di jaga dan dilaporkan, sehinga bisa semakin baik. Untuk E_Planningsaya sudah perintahkan kepada Korwas APD untuk selalu kontak dengan pusat dan segera merealisasikan di Sumatera Barat ini.” Sambung Danny Amanda sambil menunjuk ke MV. Chinggih Widanarto selaku Korwas APD dan Helma Fatiza selaku Auditor Madya.

Sesi pertemuan tersebut dari masing-masing pemda di atas, ditutup dengan foto bersamasekaligus harapan dari masing-masing pihak, bahwa tata kelola pemerintahan yang tercermin dari LKPD yang memperoleh opini WTP dapat diiringi dengan implementasi SPIP yang baik pula.. “semoga”

Humas BPKP Sumbar



Share      

Berita Terkait:

08 Agustus 2017 14:58:58 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Sumbar dan BPK Sumbar Sepakat Mendorong Penguatan Tata Kelola Pemerintahan Daerah
23 Mei 2017 15:01:06 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Gubernur Sarankan Kabupaten Kepulauan Mentawai Gandeng BPKP
21 April 2017 16:58:16 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
SERUNYA PERAYAAN KARTINI DI BPKP PROVINSI SUMBAR
01 Juli 2016 08:57:05 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP PROVINSI SUMBAR HADIRI KUNJUNGAN KERJA KOMISI XI DPR RI
13 April 2016 09:11:29 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Presiden RI Kunjungi Sumatera Barat