Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Gubernur Sarankan Kabupaten Kepulauan Mentawai Gandeng BPKP
23 Mei 2017 15:01:06 / sumbar / dibaca: 691 kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial

Senin (22/5), bertempat di Auditorium Istana Gubernuran, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno melantik Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Periode 2017-2022 Yudas Sabbagalet dan Kortanius Sabeleake. Hadir dalam kesempatan tersebut, memenuhi undangan Gubernur yaitu Anggota V BPK RI, Isma Yatun, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Kepala Kantor Perwakilan BI Sumatera Barat, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, Danny Amanda, Kepala BPK Perwakilan Sumatera Barat, dan Bupati/Walikota se-Sumatera Barat beserta jajarannya.

Dalam arahannya usai Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah,Irwan Prayitno,menghimbau agar seluruh pihak di Kabupaten Kepulauan Mentawai dapat lupakan kompetisi yang terjadi selama masa Pilkada dan bergerak ke depan, membangun Mentawai bersama.

"Jangan ungkit dan angkat persoalan lalu (Pilkada). Tidak ada gunanya bersengketa, karena itu membuang waktu, energi, dan tenaga. Ibarat kata pepatah, 'kalah jadi abu, menang jadi arang'. Mari kini kita satukan sikap, tenaga, dan pikiran untuk bangun Mentawai," katanya.

"Membangun harus utuh. Mentawai ini bukan Siberut atau Pagai saja. Pulau-pulau lain adalah bagian dari Kep. Mentawai juga. Bangunlah secara utuh semuanya dari Utara hingga Selatan," tambahnya.

Gubernur mengatakan, Pemerintah Provinsi sudah bertekad membantu Pemerintah Kab. Kep. Mentawai mengejar ketertinggalannya. Hal ini bahkan telah ditindaklanjuti dengan menunjuk Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit sebagai Ketua Tim Percepatan Pembangunan Mentawai. Untuk itu, Gubernur meminta Yudas dan Kortanius memperlihatkan keseriusan dan komitmen yang sama untuk lepaskan Mentawai dari status Daerah Tertinggal.

"Mentawai harus lepas dari ketertinggalan. Harapan ini kita tumpukan ke Bupati dan Wabup terpilih. Kami sudah bertekad. Kami sudah menunjuk Wakil Gubernur untuk mengetuai Tim Percepatan Pembangunan Mentawai. Beliau sudah sepuluh kali bolak-balik Mentawai untuk mendorong percepatan. Untuk itu, kami mohon komitmennya," ujar Irwan Prayitno.

Lebih lanjut terkait pengelolaan keuangan, Irwan Prayitno menyatakan harapannya untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai dapat memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, seperti yang telah diterima Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yakni opini WTP atas LKPD Provinsi Sumatera Barat pada pagi sebelum acara pelantikan dalam paripurna DPRD Provinsi Sumatera Barat.

Salah satu solusi yang ditawarkan oleh Irwan Prayitno kepada Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah menggandeng Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat atau dengan menarik pegawai BPKP untuk diperbantukan pada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Hal yang sama sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat hingga saat ini untuk memastikan pengelolaan keuangan daerah dapat dilaksanakan secara akuntabel dan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Humas BPKP Sumbar



Share      

Berita Terkait:

08 Agustus 2017 14:58:58 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP Sumbar dan BPK Sumbar Sepakat Mendorong Penguatan Tata Kelola Pemerintahan Daerah
22 Juni 2017 12:22:52 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
KAB. SOLOK SELATAN, KAB. TANAH DATAR DAN KAB. PASAMAN BARAT, BERTERIMA KASIH KEPADA BPKP
21 April 2017 16:58:16 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
SERUNYA PERAYAAN KARTINI DI BPKP PROVINSI SUMBAR
01 Juli 2016 08:57:05 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
BPKP PROVINSI SUMBAR HADIRI KUNJUNGAN KERJA KOMISI XI DPR RI
13 April 2016 09:11:29 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kegiatan Sosial, Seremonial
Presiden RI Kunjungi Sumatera Barat