Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Sosialisasi Reviu PA, PBJ, dan P3DN Triwulan I Tahun 2017 di Wilayah Sumatera Barat
21 April 2017 14:19:34 / sumbar / dibaca: 881 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Rabu (19/04/2017) bertempat di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, dilaksanakan kegiatan Sosialisasi proses input berbasis web bagi APIP se Sumatera Barat dalam rangka reviu penyerapan anggaran dan pengadaan barang dan jasa triwulan 1 Tahun Anggaran 2017, serta Reviu kepatuhan atas peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, Danny Amanda yang didampingi oleh Korwas JFA Bidang APD, MV Chinggih Widanarto, para Inspektur/mewakili, serta tim reviu dari inspektorat pada Pemerintah Daerah di Wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Dalam sambutannya, Danny menyampaikan kegiatan reviu yang dilaksanakan adalah instruksi langsung dari Presiden. “kegiatan ini berulang sudah tahun kedua, tujuannya adalah Pak Presiden menginstruksikan untuk memonitor penyerapan anggaran dan pengadaan barang dan jasa. BPKP mencoba membuat aplikasi agar memudahkan dalam pelaksanaan kompilasi nasional agar dapat segera dilaporkan kepada Presiden.”

Danny menambahkan kegiatan reviu penyerapan anggaran, pengadaan barang dan jasa ini adalah kepentingan bersama antara pusat dan daerah. “Inspektorat punya peran strategis mendorong dan memonitor Penyerapan Anggaran dan Pengadaan Barang dan Jasa di daerah”.

Lebih lanjut Danny menyampaikan pada triwulan 1 Tahun 2017 ini terdapat reviu kepatuhan atas peningkatan penggunaan produk dalam negeri. “Sekarang bukan hanya PAPBJnya saja, tapi juga porsi komponen dalam negeri untuk memastikan ketentuan yang ada telah terpenuhi. Belanja modal sendiri tidak mendorong pertumbuhan ekonomi nasional kalau tidak menggunakan produk dalam negeri. Jadi berikutnya Pak Presiden ingin tahu bagaimana penyerapan dan penggunaan komponen dalam negeri.”

Pada kesempatan yang sama Danny mengingatkan target level APIP dan Maturitas level SPIP sesuai yang tertuang dalam RPJMN yaitu pada tahun 2019 Inspektorat sebagai APIP harus sudah berada di level 3 sebanyak 85%. “mari kita memacu diri, untuk merealisasikan Kapabilitas level 3 APIP, yang masih berada di level 1 harus berusaha ekstra dua kali lipat untuk mencapai level 3”. Himbaunya.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan langkah kerja reviu oleh Dedy Irawan (Auditor Muda), teknis penginputan hasil reviu pada aplikasi berbasis web BPKP oleh Dandy Dwi Darmawan (Auditor Pelaksana), serta diskusi dan tanya jawab. Proses inputting data hasil reviu diharapkan selesai paling lambat pada tanggal 21 April 2017.

Humas BPKP Sumbar (Rief)



Share      

Berita Terkait:

09 Nopember 2018 08:14:23 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Sosialisasi Pedoman Pengawasan Intern atas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
29 Oktober 2018 10:57:25 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Workshop Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko
16 Oktober 2018 08:00:03 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP dalam Pengawasan Keuangan Daerah
17 September 2018 12:03:04 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Sestama (Sekretaris Utama) BPKP Menjadi Keynote Speaker pada Seminar Nasional di Sumatera Barat
29 April 2016 18:13:58 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
APIP SUMBAR HEBAT!