Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Dukungan Penuh BPKP Untuk Pemerintah Daerah di Wilayah Sumatera Barat
04 April 2017 08:37:05 / sumbar / dibaca: 1555 kali / Kat: MOU, Kerjasama

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Danny Amanda  menerima kunjungan Bupati Pasaman Barat H. Syahiran dan Pemerintah Kota Sawahlunto yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Buyung Lapau. Senin (3/4)

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Danny Amanda didampingi oleh Auditor Madya Bidang APD Yuli Ashar dan Helma Fatiza menerima kunjungan Bupati Pasbar (Pasaman Barat) H. Syahiran pada Senin, 3 April 2017. Turut mendampingi Bupati, yaitu Inspektur, Asisten Sekretariat Daerah, dan Kepala BPKA. Pada kesempatan tersebut, Bupati Pasbar dan Kepala Perwakilan mendiskusikan banyak hal seputar dinamika serta permasalahan dalam tata kelola pemerintahan di Kabupaten Pasaman Barat, diantaranya mengenai opini terakhir BPK terhadap LKPD yang masih WDP, permasalahan aset yang hingga kini belum menemui titik temu, pengelolaan keuangan nagari (desa), serta kapabilitas APIP dan maturitas SPIP.     

Lebih jauh, Bupati Pasbar menyampaikan permohonan kepada BPKP untuk dapat melakukan pembinaan dan asistensi dalam penyelesaian berbagai permasalahan tersebut. “Kami berharap BPKP dapat terus mendampingi kami, sehingga permasalahan-permasalahan yang selama ini belum menemui titik temu, dapat diselesaikan satu persatu,” ujar Bupati.

Merespon harapan tersebut, Kepala Perwakilan kemudian menegaskan komitmen dan kesiapan BPKP untuk terus melakukan upaya pembinaan kepada Pemerintah Daerah. “Banyaknya permasalahan yang dihadapi, tidak berarti bahwa makin sulit penyelesaiannya. Karena sesungguhnya jika dilakukan dengan sepenuh hati, diiringi komitmen dan kerja keras semua pihak, berbagai permasalahan itu akan dapat diurai dan diselesaikan,” jelasnya.

Di akhir pertemuan, Kepala Perwakilan dan Bupati saling menyampaikan komitmen untuk terus meningkatkan kerjasama dan koordinasi dalam upaya peningkatan kinerja serta akuntabilitas tata kelola pemerintahan di Kabupaten Pasaman Barat.

Berselang tak lama kemudian, Kepala Perwakilan kembali menerima kunjungan, kali ini dari Pemerintah Kota Sawahlunto yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Buyung Lapau, beserta jajaran. Buyung menyampaikan terima kasih atas pendampingan yang diberikan oleh BPKP. “Kami ucapkan terima kasih kepada BPKP, atas asistensi yang selama ini telah diberikan, diiringi harapan semoga BPKP dapat terus mendampingi kami, terutama dalam penyusunan LKPD,” harapnya.

Danny Amanda kembali menegaskan komitmen BPKP dalam membantu Pemerintah Daerah. “Kami selalu siap mendampingi. Untuk penyusunan LKPD menggunakan Aplikasi SIMDA, yang terutama adalah usahakan agar pekerjaan penatausahaan tidak menumpuk di akhir tahun. Perbaiki alur kerja dan lakukan rekonsiliasi secara periodik, sehingga proses pelaporan akhirnya menjadi lebih tertib dan optimal,” tegas Danny.

Kepada Bupati Pasbar dan Kepala DPPKAD Kota Sawahlunto, Danny mengingatkan agar komunikasi dengan BPK ditingkatkan, sehingga area of improvement akuntabilitas yang diidentifikasi oleh auditor eksternal juga dapat ditindaklanjuti, selain yang diidentifikasi oleh APIP.

Ditemui secara terpisah selepas menerima kunjungan dari 2 Pemerintah Daerah, Danny menyampaikan kepada jajaran di bawahnya agar dapat bersiap, dan terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi demi memenuhi harapan Pemerintah Daerah di Wilayah Sumatera Barat.

      

Humas Sumbar (aR. – aiMgi – gby)



Share      

Berita Terkait:

08 Juni 2018 15:30:52 / sumbar / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Pendandatanganan MoU Optimalisasi PAD Pemko Padang dengan BPKP Sumbar
29 Oktober 2017 22:26:47 / sumbar / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Komitmen dan Koordinasi Pengawasan Bersama Pengelolaan Keuangan Desa di Wilayah Sumbar
06 Juli 2017 12:17:24 / sumbar / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Bank Pembangunan Daerah/Bank Nagari Sumatera Barat Membangun Akuntabilitas dengan BPKP
13 April 2017 23:38:54 / sumbar / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Sinergi BPKP Sumbar dan PT. Taspen Wujudkan Good Governance dan Clean Government
27 Maret 2017 22:32:03 / sumbar / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Sekali Tepuk Dua Tujuan Bisa Tercapai, Kerjasama Yang Apik Antara PT. TASPEN Dengan BPKP Di Sumbar