Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Ber-SPIP Sebagai Kebutuhan, Bukan Hanya Sebagai Kewajiban
29 Nopember 2016 17:11:48 / sumbar / dibaca: 508 kali / Kat: SPIP

BPKP sebagai Pembina Penyelenggaraan SPIP, mengajak Bapak dan Ibu sekalian, untuk bersama-sama mewujudkan implementasi SPIP menuju tingkat maturitas level 3, dengan bekerja bersama, saling mengisi, serta melakukan upaya terbaik. Semoga usaha kita bersama dalam rangka mewujudkan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah dapat tercapai, ujar Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat. Selasa (29/11) 2016.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Herman Hermawan, dalam sambutannya ketika membuka acara Workshop Penguatan dan Percepatan Pengukuran Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Bagi Satuan Tugas (Satgas) SPIP pada Pemerintah Daerah Se-Sumatera Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 29 November 2016, bertempat di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, sertadihadiri oleh Inspektorat dan Satgas SPIP pada seluruh Pemerintah Daerah di Wilayah Provinsi Sumatera Barat, kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Herman Hermawan juga menekankan hal terkait penanggung jawab implementasi SPIP serta peran Inspektorat dalam mengawal implementasi SPIP. “Penanggungjawab implementasi SPIP adalah Pimpinan, dalam hal ini ialah Kepala Daerah, bukan Inspektur. Namun demikian peran Inspektur atau Inspektorat juga sangat penting dalam mengawal serta menunjang implementasi SPIP sehingga dapat terlaksana dengan baik,” ungkapnya. Herman selanjutnya menegaskan bahwa implementasi SPIP seharusnya menjadi kebutuhan Pemerintah Daerah. “Marilah kita jadikan SPIP ini tidak hanya sebagai kewajiban, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008, melainkan juga sebagai sebuah kebutuhan,” tegasnya.

Dalam sambutan sebelumnya, Koordinator Pengawasan Bidang APD MV. Chinggih Widanarto menyampaikan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini ialah sebagai trigger (pemicu) agar Inspektorat dan Satgas SPIP di Daerah lebih berdaya guna. “Untuk mendorong percepatan penerapan SPIP, berbagai kegiatan telah dilakukan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat. Upaya yang kami lakukan tersebut, memerlukan komitmen dari pemerintah daerah, termasuk Inspektorat di dalamnya, serta tentu Satgas SPIP. Oleh karenanya, forum ini dimaksudkan sebagai upaya dalam menyatukan visi, terutama antara Perwakilan BPKP dengan Satgas SPIP, serta Inspektorat pada seluruh Pemerintah Daerah di Wilayah Provinsi Sumatera Barat, agar implementasi SPIP dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Yan Setiadi, Kepala Sub Direktorat Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah II-2 yang hadir sebagai Narasumber, menyampaikan pentingnya keteladanan pimpinan dalam implementasi SPIP. “Kesuksesan implementasi SPIP ada pada keteladanan, atau tone at the top. Terbitnya peraturan di daerah terkait SPIP, ataupun telah dibentuknya Satgas, belumlah cukup, jika komitmen serta keteladanan pada semua level manajemen belum memadai,” jelasnya. Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini pada akhirnya diharapkan memberikan wawasan serta pemahaman kepada Inspektorat serta Satgas SPIP, sehingga implementasi SPIP pada Pemerintah Daerah di Wilayah Provinsi Sumatera Barat dapat terlaksana dengan baik, hingga nantinya tujuan SPIP dapat tercapai.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan SML Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) kepada 14 Pemerintah Daerah di Wilayah Sumatera Barat Penerima Dana Desa, serta penyerahan secara simbolis Pernyataan Komitmen Pengawalan Peningkatan Maturitas SPIP oleh Inspektorat Provinsi/Kabupaten/Kota di Wilayah Sumatera Barat kepada Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat.

 (Humas Sumbar – a.r)



Share      

Berita Terkait:

13 Maret 2017 18:22:45 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Membangun Sumatera Barat Lebih Rancak Bana
27 September 2016 13:03:45 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Persiapan Self Assesment Peningkatan Maturitas SPIP, Inspektorat Kota Padang Panjang Gaet BPKP
13 Oktober 2014 12:23:38 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Workshop Penilaian Risiko Kota Solok
16 April 2014 15:43:48 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
RTP SEBAGAI TINDAK LANJUT PENYUSUNAN PROFIL RISIKO DI KABUPATEN TANAH DATAR
06 Desember 2013 17:50:50 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Sosialisasi SPIP di Kabupaten Pesisir Selatan