Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Laporan, Harus Selesai!
07 Nopember 2016 16:39:42 / sumbar / dibaca: 1264 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Laporan, Harus Selesai! Demikian Yel-yel yang diteriakkan oleh 169 peserta yang merupakan Bendahara Nagari, Sekretaris Nagari dan/atau Operator Nagari, Admin Kabupaten, dan Admin Kecamatan Pada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, sebagai penyemangat dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Penatausahaan Keuangan Nagari berbasis Aplikasi Siskeudes (5/11) 2016. 

Sabtu, 5 November 2016 bertempat di Aula Hotel Pusako Bukittinggi dilangsungkan penutupan Bimbingan Teknis Penatausahaan Keuangan Nagari berbasis Aplikasi Siskeudes. Kegiatan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 3 November sampai dengan 5 November 2016. Peserta kegiatan sejumlah 169 Orang terdiri dari Bendahara Nagari, Sekretaris Nagari dan/atau Operator Nagari, Admin Kabupaten, dan Admin Kecamatan.

Bertindak sebagai narasumber yakni Helma Fatiza (Auditor Madya), Arief Karna (Auditor Pertama), Trya Mustika (Auditor Pertama), Dola Indrayani P (Auditor Pelaksana), dan Rindi Utami (Auditor Pelaksana).

Acara ini ditutup oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. Altri Suandi mewakili Bupati Tanah Datar. Hadir dalam penutupan Koordinator Pengawasan JFA Bidang APD, MV Chinggih Widanarto mewakili Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat.

Dalam arahannya Chinggih mengingatkan Pemerintah Nagari harus memperhatikan himbauan KPK untuk melaksanakan pengelolaan keuangan sesuai dengan regulasi yang berlaku, jangan sampai aparat nagari terjerat kasus hukum di kemudian hari. “Niat kalau memang tidak merugikan tidak masalah. Niat yang merugikan keuangan negara itu sudah ranah pidana”. Chinggih juga menyampaikan adanya himbauan dari KPK untuk menggunakan Siskeudes dan Pemerintah diharapkan berhati-hati dikarenakan isu yang beredar di luar khususnya terkait adanya Sistem Pengelolaan Keuangan Desa yang dibuat oleh vendor di luar BPKP.

“Saya berpesan ke admin dan bendahara, kuasai ini sebaik baiknya, pelajari ini sebaik baiknya, karena bapak ibu yang akan menjalankannya. Saya harapkan, selesai pelatihan ini sudah terbit laporannya. Paling tidak minggu depan diselesaikan diserahkan ke Bupati melalui BPM atau Bagian Pemerintahan Nagari ditembuskan ke BPKP.” tambahnya.

Selanjutnya dalam kesempatan yang sama sekaligus menutup secara resmi kegiatan tersebut, Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar yang mewakili Bupati, Altri menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat yang telah membimbing peserta dalam hal peningkatan pemahaman keuangan keuangan Nagari khususnya dengan Aplikasi Siskeudes.

Altri mengapresiasi BPKP bersama Kementerian Dalam Negeri yang telah mengembangkan aplikasi yang memudahkan perangkat nagari dalam melaksanakan pengelolaan keuangan.

“Sekarang semuanya mudah, dulu tidak ada aplikasi sekarang sudah banyak kemudahan, maka bersyukurlah kita. Apalagi Pemerintah khususnya BPKP, Kementerian Dalam Negeri, dan Kemendesa PDTT  sudah concern membuat menu-menu aplikasi untuk memudahkan kita. Saya melihat siskeudes ini sangat penting untuk mewujudkan tata kelola administrasi keuangan Nagari yang lebih baik untuk mewujudkan good governance.” pungkasnya kepada para peserta yang memadati aula.

Acara ditutup dengan yel-yel yang dipimpin oleh Chinggih

Nagari,  MAJU!

Siskeudes,  BISA!

Laporan,  HARUS SELESAI!

 

Humas Sumbar (Rief)



Share      

Berita Terkait:

25 Oktober 2017 10:16:05 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Tingkatkan Akuntabilitas, Tenaga Ahli Pendamping Desa Sumatera Barat Berlatih Siskeudes
12 September 2017 16:24:20 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Kaper BPKP Sumbar Menjadi Narasumber Pertemuan Asosiasi Sekretaris DPRD Seluruh Indonesia (ASDEKSI)
22 Agustus 2017 11:42:30 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
KUNJUNGAN PANSUS DPRD KOTA BUKITTINGGI
14 Agustus 2017 17:46:46 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Bupati Solok Selatan Ucapkan Terima Kasih Sekaligus Ingin Mendapatkan Bimbingan yang Lebih dari BPKP
14 Agustus 2017 17:23:35 / sumbar / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Sawahlunto Siap Implementasikan Penuh Siskeudes Tahun 2017