Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat

Workshop Penilaian Risiko Kota Solok
13 Oktober 2014 12:23:38 / sumbar / dibaca: 1917 kali / Kat: SPIP

Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, atau yang lebih dikenal dengan singkatan SPIP, barangkali sudah begitu sering didengar dan sangat akrab bagi para aparat pengawas internal pemerintah. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 menegaskan kewajiban bagi menteri/pimpinan lembaga, gubernur, dan bupati/walikota untuk mencapai pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Maka dari itu, Kota Solok mengadakan Workshop Penilaian Risiko Kota Solok guna memenuhi kewajiban dari peraturan tersebut.

 

Pada kesempatan kali itu, Arman Sahri Harahap sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat berkesempatan hadir pada pembukaan tanggal 6 Oktober 2014. Didampingi oleh Kepala Bidang APD, Darmawan, beliau menyatakan kesediaan BPKP sebagai pembina SPIP bagi pemerintah daerah hendaknya dimafaatkan sebaik-baiknya agar terciptanya penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel guna mencapai tujuan sesuai yang diharapkan oleh Pemerintah Kota Solok dan PP Nomor 60 Tahun 2008. Lebih lanjut dalam sambutannya, Kepala Perwakilan menyebutkan keberadaan BPKP adalah sebagai mitra kerja bagi seluruh pemda pada umumnya dan para SKPD pada khususnya dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada.

Acara yang berlangsung selama lima hari ini diadakan di Hall Hotel Taufina Solok. Pada hari Jumat, 10 Oktober 2014 penutupan workshop dilakukan langsung oleh Bapak Walikota Solok, H. Irzal Ilyas Dt. Lawik Basa. Pada kesempatan tersebut beliau menegaskan akan komitmen Kota Solok dalam menjalankan amanat PP Nomor 60 Tahun 2008 tersebut. Sebagai bentuk komitmen beliau, dibuat surat kesepakatan/perjanjian antara Walikota Solok dengan masing-masing Kepala SKPD tentang komitmen menyelesaikan laporan penilaian risiko dan Rencana Tindak Pengendalian SKPD selama 40 (empat puluh) hari kerja terhitung sejak selesainya workshop. Hal ini guna memberikan komitmen dan kesanggupan setiap SKPD pada Pemrintah Kota Solok dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sesuai yang diinginkan dari PP nomor 60 Tahun 2008. Walikota Solok juga turut menyampaikan ucapan terima kasih beliau atas atensi dan bimbingan dari BPKP sebagai pembina SPIP bagi pemerintah daerah. Diharapkan ke depannya, kerjasama BPKP Perwakilan Sumatera Barat dan Pemerintah Kota Solok dapat terjalin semakin baik guna mewujudkan pemerintah daerah yang bersih dan akuntabel.

 

(humas sumbar - HB)



Share      

Berita Terkait:

13 Maret 2017 18:22:45 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Membangun Sumatera Barat Lebih Rancak Bana
29 Nopember 2016 17:11:48 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Ber-SPIP Sebagai Kebutuhan, Bukan Hanya Sebagai Kewajiban
27 September 2016 13:03:45 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Persiapan Self Assesment Peningkatan Maturitas SPIP, Inspektorat Kota Padang Panjang Gaet BPKP
16 April 2014 15:43:48 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
RTP SEBAGAI TINDAK LANJUT PENYUSUNAN PROFIL RISIKO DI KABUPATEN TANAH DATAR
06 Desember 2013 17:50:50 / sumbar / dibaca: kali / Kat: SPIP
Sosialisasi SPIP di Kabupaten Pesisir Selatan