Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara

Layanan Bidang Investigasi

Produk Layanan Bidang Investigasi meliputi:

1.      Audit Investigasi:

Audit dengan tujuan untuk mengungkapkan terjadi tidaknya suatu penyimpangan yang dapat merugikan keuangan negara/daerah.

2.      Audit Penghitungan Kerugian Keuangan Negara:

Audit dengan tujuan tertentu yang dimaksudkan untuk menyatakan pendapat mengenai nilai kerugian keuangan negara yang timbul dari suatu kasus penyimpangan dan digunakan untuk mendukung tindakan litigasi.

3.      Audit Penyesuaian Harga:

Audit terkait dengan permintaan penyesuaian harga pada suatu kegiatan untuk memperoleh simpulan sebagai bahan pertimbangan bagi auditan untuk mengambil keputusan penyesuaian harga.

4.      Audit Klaim:

Audit terkait dengan pengajuan klaim/tuntutan pihak ketiga pada suatu kegiatan untuk memperoleh simpulan sebagai bahan pertimbangan bagi auditan dan pihak terkait untuk mengambil keputusan penyelesaian klaim.

5.      Evaluasi Hambatan Kelancaran Pembangunan:

Evaluasi secara independen dan obyektif terhadap hambatan kelancaran pembangunan untuk mendapatkan alternatif penyelesaian sesuai ketentuan yang berlaku melalui proses mediasi.

6.      Fraud Control Plan:

Pengembangan pengendalian yang dirancang secara spesifik untuk mencegah, menangkal, dan memudahkan pengungkapan kejadian berindikasi fraud.

7.      Sosialisasi Program Anti Korupsi:

Kegiatan pemberian pemahaman kepada masyarakat mengenai hal-hal terkait korupsi dalam upaya membangun kepedulian masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam upaya pemberantasan korupsi.

8.      Kajian Peraturan Perundang-Undangan Yang Dapat Menimbulkan Tindak Pidana Korupsi:

Penelaahan secara sistematis dan terstruktur atas suatu peraturan/ ketentuan yang berpotensi menimbulkan tindak pidana korupsi dan memberikan rekomendasi perbaikannya.

9.      Telaah Pengaduan Masyarakat:

Penelaahan atas pengaduan masyarakat terkait dugaan tindak pidana korupsi untuk menilai kecukupan informasi guna dilakukannya penanganan lebih lanjut.


Share