Gali Potensi BUMDes untuk Masyarakat Desa yang Semakin Sejahtera

Kotamobagu – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan sala satuh entitas di desa yang eksistensinya sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan desa. Oleh karena itu, menilik dari pentingnya  BUMDes, tentunya harus didukung dengan kapasitas kemampuan bagi pengurus BUMDes dalam mengelola manajemen dan tata kelola sistem keuangannya.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan bagi pengurus BUMDes tersebut, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) bersama Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembagunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara menggelar kegiatan Bimtek Penggunaan Aplikasi SIA BUMDes, Rabu (15/09) di Hotel Sutan Raja Kota Kotamobagu.

Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan peran BUMDes sebagai penyumbang utama pendapatan asli desa harus terus dikembangkan dan ditingkatkan. Banyak aspek atau permasalahan yang harus dicermati dalam pengelolaan BUMDes seperti keterbatasan SDM di desa, manajemen yang belum efektif, serta pengelolaan keuangan oleh pengurus yang belum optimal.

Adanya Bimtek tersebut, harap Wabup, diharapkan tata kelola keuangan BUMDes di Bolsel semakin transparan dan akuntabel serta masyarakat desa semakin sejahtera.

“Mari kita ikuti kegiatan Bimtek ini dengan baik dan cermat, agar pengelolaan keuangan BUMDes dapat terselesaikan”, ujar Wabup.

Sementara itu, Kaper BPKP Sulut Beligan Sembiring menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan sebagai upaya membawa BUMDes menjadi semakin transparan dan berakuntabilitas. Ia menambahkan bahwa aplikasi yang digunakan sederhana dan akan mempermudah dan memperlancar pekerjaan bagi para pengurus desa.

Lebih lanjut ia menyampaikan agar desa terus memanfaatkan potensi-potensi yang dimiliki. Baik dari alamnya maupun dari kemampuan masyarakat desa mengelola kerajinan khasnya. Kembali dalam paparannya, ia juga mencontohkan beberapa BUMDes yang sudah maju disebabkan kemampuan menggali potensi usaha dan kerjasama dari masyarakatnya. Dengan potensi-potensi yang dimanfaatkan, Kaper berharap, BUMDes di Bolsel dapat semakin mandiri dan semakin berkembang kedepannya.

Kegiatan Bimtek juga diikuti oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Ramli Abdul Madjid, Kepala Dinas PMD Eka Frie Van Gobel, Inspektur Ridel Paputungan, para Camat, para perangkat desa dan pemateri oleh Korwas Bidang AN Mudzakir serta Tim dari Bidang AN BPKP Sulut.

 

(Tim Kominfo BPKP Sulut/TH)