Optimalisasi Pengelolaan Keuangan Daerah, Pemkab Sitaro kerjasama dengan Bank SulutGo dan BPKP

Manado (Selasa, 22 September 2020). Sebagai upaya optimalisasi pengelolaan keuangan daerah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara dan Dirut Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (Bank SulutGo) melakukan kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama pengembangan dan penggunaan aplikasi koneksi transaksi antara rekening kas umum daerah dengan Aplikasi SIMDA Keuangan. Acara tersebut dihadiri Bupati Sitaro Evangelian Sasingen beserta jajaran, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Setya Nugraha, Direktur Utama Bank SulutGo Jeffry A.M. Dendeng serta Direktur Operasional Welan Palilingan, Korwas Bidang APD Mardiyanto Arif R, Korwas Bidang AN Mudzakir, Korwas Bidang IPP Bagus Putu Santika dan Dalnis Bidang APD Yoannes Tukijan.

Usai penandatanganan kerjasama dan foto bersama, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dirut Bank SulutGo. Pada kesempatan tersebut ia mengatakan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut, sebagai tonggak bagi Bank SulutGo untuk senantiasa meningkatkan pelayanan di waktu yang akan datang serta menjadi bukti kepercayaan Pemkab Sitaro kepada Bank SulutGo. Ia kembali menambahkan Bank SulutGo telah memperoleh dana 1 triliun rupiah dari Kemenkeu dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Sulawesi Utara dan Gorontalo. “Ini akan kita upayakan terus dalam rangka ikut serta di dalam upaya pemulihan ekonomi nasional,” ujar Jeffry. Hasil penyaluran kredit tersebut, tambah Jeffry, nantinya akan di laporkan ke BPKP.

Sementara itu, Kaper BPKP Sulut dalam sambutannya mengatakan dengan perjanjian kerjasama ini dapat meningkatkan efisiensi dan akan menghemat waktu serta mengurangi kesalahan. Selain itu, sekaligus mendukung laporan keuangan secara terstruktur dan tertata. “Kami BPKP sebagai fungsi assurance dan consulting siap mendampingi Pemkab Sitaro baik dalam aplikasi maupun pendampingan dalam tugas-tugas yang lain,” ungkap Setya. Ia berharap agar Pemkab Sitaro dan Bank SulutGo terus meningkatkan kinerjanya terutama dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro mengucapkan terima kasih karena dapat meneruskan kembali kerjasama ini,” ungkap Bupati mengawali sambutannya. Senada dengan Kaper BPKP Sulut, Bupati mengatakan bahwa hal ini bermanfaat untuk meminimalisir berbagai kesalahan dan kekeliruan. Ia mengungkapkan agar semua yang sudah disepakati dapat bermanfaat untuk kita semua. Ia berharap dengan kerjasama yang baik dan saling mengontrol maka bisa meminimalisir berbagai resiko kesalahan dikemudian hari.

 

(Tim Kominfo BPKP Sulut/TH)