Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara

Komitmen APIP Sebagai Salah Satu Trigger Dalam Upaya Pencegahan Korupsi
13 Desember 2018 17:38:30 / sulut / dibaca: 554 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Bersinergi dengan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP bagi seluruh Inspektorat se-Provinsi Sulawesi Utara di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara. Workshop yang bertempat di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara tersebut dilaksanakan selama empat hari sejak Senin (10/12) sampai dengan hari Kamis (13/12). Workshop diikuti 49 orang peserta, yang berasal dari 16 Inspektorat Daerah se- Provinsi Sulawesi Utara.

Workshop dibuka dan ditutup oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara – Kwinhatmaka. Dalam sambutan pembukaannya, Kepala Perwakilan BPKP  Provinsi Sulawesi Utara menyampaikan bahwa workshop peningkatan kapabilitas APIP bertujuan untuk membentuk peran APIP yang efektif sehingga mampu memberikan keyakinan yang memadai atas ketaatan, kehematan, efisiensi, dan efektivitas pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah; memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah; serta memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah. Sedangkan saat penutupan, Kepala Perwakilan mengingatkan kembali kepada peserta agar mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh selama workshop sehingga kapabilitas APIP level 3 dapat dicapai. Dengan kapabilitas APIP level 3, diharapkan APIP dapat memberikan peran dan layanan, tidak hanya assurance dan consulting, tetapi juga harus mampu memberikan advisory service. Peserta workshop diharapkan menjadi benteng integritas dan menjadi trigger dengan memposisikan diri dalam pencegahan korupsi.
Pada workshop yang dilaksanakan selama empat hari tersebut telah disampaikan materi para narasumber yang berasal dari KPK, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, Kepolisian Daerah Sulawesi Utara, dan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara. Pada workshop kali ini dibahas tentang teori beserta praktik tentang Modus PBJ, Audit Investigatif, Kasus TPK, Peningkatan Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP, serta Pengelolaan Pengaduan Masyarakat. (humas/AW)



Share      

Berita Terkait:

05 Nopember 2018 18:21:08 / sulut / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Audit Kinerja Sebagai Jembatan dalam Upaya Peningkatan Kapabilitas APIP
20 September 2017 00:47:55 / sulut / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Penuhi Kebutuhan Auditor Untuk Mendukung Peningkatan Kapabilitas APIP
27 Oktober 2016 06:14:07 / sulut / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Menjaga Integritas BPKP dengan Kecepatan, Ketepatan dan Kualitas dalam Pelaksanaan Tugas
06 April 2016 18:46:40 / sulut / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
WORKSHOP PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DAN TRAINING MIND SETTING “APD SMART PRO”
09 Pebruari 2016 15:41:57 / sulut / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Pembentukan Auditor Ahli Di Lingkungan Pemda Bolsel Dan Bolmut