Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara

BPKP Siap Dukung PD PERPAMSI Sulawesi Utara Tingkatkan Kinerja PDAM
23 Nopember 2018 20:12:42 / sulut / dibaca: 1021 kali / Kat: MOU, Kerjasama

Pada hari Jumat, 23 November 2018 bertempat di Hotel Four Points by Sheraton Manado, diselenggarakan Musyawarah antara PDAM se-Sulawesi Utara (MAPAMDA) yang tergabung dalam PD PERPAMSI Sulut. Dalam MAPAMDA yang dibuka oleh Ketua Umum PP PERPAMSI – Haris Yasin Limpo tersebut, hadir oleh para Direktur dan Kepala Bagian, serta Dewan Pengawas dari 11 BUMD dan 1 Perseroan Terbatas Pengelola Air Minum di wilayah Sulawesi Utara, Ketua PD PERPAMSI Provinsi Gorontalo – Raden Sahi, serta Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara – Kwinhatmaka, yang didampingi oleh Korwas Bidang Akuntan Negara – Harapan Tampubolon.

Haris Yasin Limpo yang juga merupakan Direktur PDAM Kota Makassar, dalam sambutannya  menyebut pentingnya penguatan kerjasama antara PDAM se-Sulawesi Utara yang tergabung dalam PD PERPAMSI untuk memajukan PDAM. Dalam jangka menengah, PDAM diharapkan dapat memperkuat organisasi dengan memperhatikan prinsip Good Corporate Governance (GCG). Di samping itu, PDAM diharapkan dapat berinovasi dalam mengoptimalkan kegiatan pelayanan air minum kepada masyarakat di wilayah kerja masing-masing sesuai amanat PP Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD.

Selanjutnya, dalam diskusi panel yang dimoderatori oleh Ketua PD Perpamsi Sulawesi Utara – Deybert Rooroh, Kwinhatmaka menyampaikan kondisi tingkat kinerja dan kesehatan PDAM di Sulawesi Utara berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh BPKP dalam tiga tahun terakhir. Meskipun terdapat tren peningkatan tingkat kinerja dan kesehatan, namun peningkatan tersebut belum signifikan. Oleh karena itu, setiap PDAM diharapkan bisa memetakan penyebab dan kendala yang menghambat peningkatan kinerja sekaligus merancang strategi untuk mengatasi kendala tersebut. “PDAM dapat merancang strategi sesuai dengan karakteristik masing-masing PDAM dan menggunakan skala prioritas untuk mengimplementasikan strategi yang telah dirancang sesuai dengan kemampuan”, lanjut Kwinhatmaka.

Dalam diskusi panel juga dilakukan sharing dan tanya jawab antara Kepala Perwakilan BPKP Sulut dan para Direktur PDAM dan PD PERPAMSI Gorontalo mengenai pengalihan kepemilikan aset Pemerintah Pusat yang dikelola PDAM, peran BPKP sebagai lembaga pengawasan yang memberikan penguatan tata kelola PDAM melalui assurance dan consulting, hingga komitmen kepala daerah untuk memajukan PDAM. Di akhir diskusi panel, Kwinhatmaka mengatakan bahwa BPKP senantiasa siap untuk membantu PD PERPAMSI maupun PDAM se-Sulut dalam meningkatkan kinerja perusahaan.

Acara MAPAMDA kemudian dilanjutkan dengan Pemilihan Ketua PD PERPAMSI Provinsi Sulawesi Utara, dimana Direktur PDAM Duasudara Bitung – Raymond R.J. Luntungan, terpilih menjadi Ketua PD PERPAMSI Sulut periode 2018 - 2023. (humas)



Share      

Berita Terkait:

18 Mei 2019 12:05:10 / sulut / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
PENANDATANGAN KERJASAMA ANTARA PEMKAB KEPULAUAN TALAUD, BANK SULUTGO DAN PERWAKILAN BPKP SULUT
07 Oktober 2018 07:42:04 / sulut / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Rapat Koordinasi Pengawasan Pengadaan PNS Tahun 2018 di Sulawesi Utara
21 Pebruari 2018 16:46:41 / sulut / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Komitmen Bersama KPK, BPKP, dan Para Kepala Daerah se-Sulawesi Utara dalam Pemberantasan Korupsi
15 September 2017 18:35:31 / sulut / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Penyerahan Laporan Hasil Pengawasan Semester I Tahun 2017 kepada Gubernur Sulawesi Utara
05 Mei 2017 17:33:36 / sulut / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
AUDIT JKN, KEPALA PERWAKILAN KUNJUNGI BOLAANG MONGONDOW DAN MINAHASA SELATAN