BPKP Siap Dukung PD PERPAMSI Sulawesi Utara Tingkatkan Kinerja PDAM

Haris Yasin Limpo yang juga merupakan Direktur PDAM Kota Makassar, dalam sambutannya  menyebut pentingnya penguatan kerjasama antara PDAM se-Sulawesi Utara yang tergabung dalam PD PERPAMSI untuk memajukan PDAM. Dalam jangka menengah, PDAM diharapkan dapat memperkuat organisasi dengan memperhatikan prinsip Good Corporate Governance (GCG). Di samping itu, PDAM diharapkan dapat berinovasi dalam mengoptimalkan kegiatan pelayanan air minum kepada masyarakat di wilayah kerja masing-masing sesuai amanat PP Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD.

Selanjutnya, dalam diskusi panel yang dimoderatori oleh Ketua PD Perpamsi Sulawesi Utara – Deybert Rooroh, Kwinhatmaka menyampaikan kondisi tingkat kinerja dan kesehatan PDAM di Sulawesi Utara berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh BPKP dalam tiga tahun terakhir. Meskipun terdapat tren peningkatan tingkat kinerja dan kesehatan, namun peningkatan tersebut belum signifikan. Oleh karena itu, setiap PDAM diharapkan bisa memetakan penyebab dan kendala yang menghambat peningkatan kinerja sekaligus merancang strategi untuk mengatasi kendala tersebut. “PDAM dapat merancang strategi sesuai dengan karakteristik masing-masing PDAM dan menggunakan skala prioritas untuk mengimplementasikan strategi yang telah dirancang sesuai dengan kemampuan”, lanjut Kwinhatmaka.

Dalam diskusi panel juga dilakukan sharing dan tanya jawab antara Kepala Perwakilan BPKP Sulut dan para Direktur PDAM dan PD PERPAMSI Gorontalo mengenai pengalihan kepemilikan aset Pemerintah Pusat yang dikelola PDAM, peran BPKP sebagai lembaga pengawasan yang memberikan penguatan tata kelola PDAM melalui assurance dan consulting, hingga komitmen kepala daerah untuk memajukan PDAM. Di akhir diskusi panel, Kwinhatmaka mengatakan bahwa BPKP senantiasa siap untuk membantu PD PERPAMSI maupun PDAM se-Sulut dalam meningkatkan kinerja perusahaan.

Acara MAPAMDA kemudian dilanjutkan dengan Pemilihan Ketua PD PERPAMSI Provinsi Sulawesi Utara, dimana Direktur PDAM Duasudara Bitung – Raymond R.J. Luntungan, terpilih menjadi Ketua PD PERPAMSI Sulut periode 2018 - 2023. (humas)