Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara

Diklat Audit Kinerja Sebagai Jembatan dalam Upaya Peningkatan Kapabilitas APIP
05 Nopember 2018 18:21:08 / sulut / dibaca: 102 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Dalam rangka peningkatan kapabilitas APIP, khususnya kompetensi dalam pelaksanaan Audit Kinerja, Inspektorat Kabupaten Kepulauan Sangihe bekerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara menggelar Diklat Audit Kinerja, tanggal 05 – 09 November 2018 bertempat di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara.

Diklat dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara – Kwinhatmaka. Turut hadir dalam pembukaan diklat, Wakil Bupati Kepulauan Sangihe – Helmud Hontong, yang didampingi Inspektur Kabupaten Kepulauan Sangihe – Nusrianto R.E. Pande, para Korwas dan PFA di lingkup BPKP Sulut sebagai instruktur diklat, serta para auditor Inspektorat Kabupaten Kepulauan Sangihe sebagai peserta diklat.

Dalam sambutan pembukaan diklat, Kepala Perwakilan BPKP Sulut – Kwinhatmaka menyampaikan bahwa Audit Kinerja merupakan salah satu jenis audit yang menilai suatu kegiatan dari aspek 3E (ekonomis, efisiensi dan efektivitas), dan telah menjadi kebutuhan APIP dalam meningkatkan kapabilitasnya. Oleh karena itu, diklat ini diharapkan dapat menjadi jembatan bagi upaya peningkatan level Kapabilitas APIP di Inspektorat Kabupaten Kepulauan Sangihe, yang saat ini masih berada di level 2 (Infrastructure) menuju level 3 (Integrated). Kwinhatmaka juga menegaskan bahwa peningkatan Kapabilitas APIP, bersama dengan Maturitas SPIP, merupakan dua pilar penting pengawasan yang berperan dalam meningkatkan akuntabilitas untuk tata kelola pemerintahan daerah yang baik.

Sedangkan Wakil Bupati Kepulauan Sangihe – Helmud Hontong, dalam sambutannya menyebutkan bahwa peningkatan kapasitas dan kapabilitas APIP, salah satunya terkait pelaksanaan Audit Kinerja Pemerintah Daerah sangatlah dibutuhkan. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe telah berkomitmen untuk mendukung aparat APIP di Bumi Malahasa melalui penandatanganan Pakta Integritas untuk Mewujudkan Kapabilitas APIP menuju Level 3 beberapa waktu lalu. Wakil Bupati berharap, diklat ini dapat diikuti oleh para peserta diklat dengan serius. “Melalui diklat ini, saya berharap para peserta memperoleh bekal yang memadai dalam melaksanakan tugas sebagai auditor untuk mengawal penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di wilayah Sangihe”, ujar Helmud Hontong.

Di akhir sambutannya, Helmud Hontong tak lupa mengapresiasi peran BPKP sebagai mitra kerja Pemkab Kepulauan Sangihe yang telah berperan penting dalam mendukung upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe. (humas/gulast/amfdp)



Share      

Berita Terkait:

20 September 2017 00:47:55 / sulut / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Penuhi Kebutuhan Auditor Untuk Mendukung Peningkatan Kapabilitas APIP
27 Oktober 2016 06:14:07 / sulut / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Menjaga Integritas BPKP dengan Kecepatan, Ketepatan dan Kualitas dalam Pelaksanaan Tugas
06 April 2016 18:46:40 / sulut / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
WORKSHOP PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DAN TRAINING MIND SETTING “APD SMART PRO”
09 Pebruari 2016 15:41:57 / sulut / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Pembentukan Auditor Ahli Di Lingkungan Pemda Bolsel Dan Bolmut
24 April 2015 16:43:18 / sulut / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
TINGKATKAN KOMPETENSI, BPKP SULUT LATIH PERSONIL APIP DI WILAYAH SULUT