Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara

Diklat sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Auditor dalam Peningkatan Kapabilitas APIP
09 Agustus 2017 09:56:39 / sulut / dibaca: 288 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Dalam rangka mendukung upaya pencapaian kapabilitas APIP menuju level 3 pada tahun 2019, khususnya bagi APIP di Provinsi Sulawesi Utara, Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara menyelenggarakan Diklat Peningkatan Kapabilitas APIP bagi Auditor APIP se-Sulawesi Utara. Diklat diselenggarakan selama 5 hari mulai tanggal 7 sampai 11 Agustus 2017, bertempat di Hotel Ibis Manado. Dalam acara diklat yang dibuka oleh Plh. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara – Ja`far Numeiri tersebut, hadir para Inspektur/Sekretaris Inspektorat se-Provinsi Sulawesi Utara serta  para pejabat struktural/Korwas BPKP Sulut.

Dalam laporan panitia penyelenggara, Korwas P3APIP – Agus Widodo menyebut bahwa diklat yang pembiayaaanya bersumber dari beasiswa Asian Development Bank  melalui DIPA BPKP ini, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya kapabilitas APIP dan memberikan pemahaman sehingga menciptakan komitmen untuk peningkatan kapabilitas APIP dalam rangka pelaksanaan tugas pengawasannya. Sementara dalam sambutan Sekretaris Utama BPKP yang dibacakan oleh Plh. Kaper BPKP Sulut, disampaikan bahwa peningkatan kapabilitas APIP menjadi isu penting pada saat ini dan telah ditetapkan RPJMN Tahun 2015 – 2019, yang bermuara pada target 85% APIP dapat mencapai level 3 pada tahun 2019. Hal tersebut dapat dicapai salah satunya dengan peningkatan kuantitas auditor serta kompetensi auditor melalui kegiatan diklat yang diselenggarakan oleh BPKP. “Kapabilitas APIP pada level 3 menunjukkan bahwa APIP mampu menilai efisiensi, efektivitas, ekonomis suatu kegiatan dan mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian intern. Hal ini sejalan harapan pemerintah bahwa APIP diharapkan mampu memberikan kontribusi, sebagai institusi yang dibangun dari individu yang memiliki kompetensi dan pengalaman tersupervisi, memiliki insight, objectivity, & assurance yang memadai untuk memberikan rekomendasi solutif bagi pembangunan yang lebih berkualitas”, ucap Plh. Kaper BPKP Sulut.

Kepada 30 orang peserta diklat yang terdiri dari 24 APIP Inspektorat se-Provinsi Sulawesi Utara dan 6 PFA Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara ini, Plh. Kaper BPKP Sulut berpesan agar dapat mengikuti diklat dengan sungguh-sungguh serta mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat selama diklat dan menjadi motor penggerak kapabilitas APIP sekembalinya ke unit kerja masing-masing. (humas/awid-amfdp)



Share      

Berita Terkait:

26 Oktober 2016 14:08:08 / sulut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
PENUTUPAN DIKLAT PEMBENTUKAN AUDITOR PERTAMA DI LINGKUNGAN INSPEKTORAT SE-SULAWESI UTARA
10 Oktober 2016 17:52:35 / sulut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Peningkatan Kapabilitas APIP Sebagai Kunci Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Yang Baik
07 Oktober 2016 13:32:48 / sulut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Competence, Integrity, Independent, Confidentiality, Marwah Profesi Auditor Intern
29 September 2016 17:16:10 / sulut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
INSPEKTORAT TALAUD UPAYAKAN RAIH KAPABILITAS APIP LEVEL 3 SEBELUM 2019
19 Juli 2016 11:18:30 / sulut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Workshop Bagi APIP se-Provinsi Sulawesi Utara