Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara

Peningkatan Kapabilitas APIP Sebagai Kunci Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Yang Baik
10 Oktober 2016 17:52:35 / sulut / dibaca: 478 kali / Kat: Kapabilitas APIP

“APIP sebagai bagian dari manajemen yang melaksanakan fungsi control, senantiasa harus meningkatkan kapabilitasnya.”

Demikian penyampaian Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara – Sihar Panjaitan, Ak., MM., CA., CFrA., saat membuka Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kapabilitas APIP di Lingkungan Inspektorat se-Provinsi Sulawesi Utara dan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara, hari Senin (10/10) bertempat di Hotel WhizPrime Manado. Diklat yang merupakan Program Beasiswa Asian Development Bank melalui DIPA BPKP tahun 2013 - 2017 ini akan berlangsung hingga tanggal 15 Oktober 2016, dengan peserta sebanyak 30 (tiga puluh) orang berasal Inspektorat Daerah se-Provinsi Sulawesi Utara dan PFA Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara.

Lebih lanjut, Kepala Perwakilan menekankan agar para peserta betul-betul memanfaatkan kesempatan diklat ini karena pembiayaannya berasal dari utang luar negeri yang kelak menjadi beban generasi penerus. Sepulang diklat, peserta diharapkan bisa menjadi role model atau teladan di kantor masing-masing setelah menjalani diklat ini. Teladan yang diharapkan dalam hal penegakan disiplin dan peraturan, lebih banyak memahami dan memberikan pemahaman bagi mitranya tentang peraturan perundang-undangan dan standar APIP, meningkatkan integritas dan independensi, menjaga kerahasiaan, dan tidak berbuat tercela. Kaper mencontohkan bahwa APIP itu bagaikan sapu, jadi bagaimana mungkin yang disapu itu bersih kalau sapunya kotor.  Menurut pengakuan beberapa pihak, saat ini penyelenggaraan pemerintahan sudah bergerak ke arah yang lebih baik, sebagai contohnya penerapan e-Government di Pemerintah Kota Surabaya, Kota Bandung dengan implementasi Smart City-nya, Kabupaten Bantaeng dengan inovasi pelayanan publik di bidang kesehatan dan agrikulturnya, DKI Jakarta dengan pogram-program peningkatan transparansi dan peningkatan kesejahteran masyarakat, yang tentunya dapat menjadi contoh keberhasilan bagi pemerintah daerah lain.

Kaper mengharapkan melalui penguatan peran APIP, penyelenggaraan pemerintahan di Provinsi Sulawesi Utara akan lebih baik lagi mengikuti pemerintah daerah lain yang sudah berhasil. Salah satu tantangan kedepan APIP adalah bagaimana Dana Desa dapat dikelola secara akuntabel, efektif, efisien dan berdaya guna,  dimana keberhasilan tersebut tidak  terlepas dari peran APIP yang kapabel.  Pada akhir sambutannya Kaper mengharapkan APIP senantiasa melakukan yang terbaik, dan Tuhan akan memberikan berkatNya yang terbaik bagi semua pihak. (humas/ht)



Share      

Berita Terkait:

09 Agustus 2017 09:56:39 / sulut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Diklat sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Auditor dalam Peningkatan Kapabilitas APIP
26 Oktober 2016 14:08:08 / sulut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
PENUTUPAN DIKLAT PEMBENTUKAN AUDITOR PERTAMA DI LINGKUNGAN INSPEKTORAT SE-SULAWESI UTARA
07 Oktober 2016 13:32:48 / sulut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Competence, Integrity, Independent, Confidentiality, Marwah Profesi Auditor Intern
29 September 2016 17:16:10 / sulut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
INSPEKTORAT TALAUD UPAYAKAN RAIH KAPABILITAS APIP LEVEL 3 SEBELUM 2019
19 Juli 2016 11:18:30 / sulut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Workshop Bagi APIP se-Provinsi Sulawesi Utara