Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara

INSPEKTORAT TALAUD UPAYAKAN RAIH KAPABILITAS APIP LEVEL 3 SEBELUM 2019
29 September 2016 17:16:10 / sulut / dibaca: 564 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Inspektorat Kabupaten Kepulauan Talaud berharap mampu menilai efisiensi, efektivitas, ekonomis terhadap suatu kegiatan, serta mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian internal pada tahun 2019.

Hal itu disampaikan oleh Inspektur Kabupaten Kepulauan Talaud – Ir. Moudy Ramon Gumansalangi, ME., pada saat pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapabilitas APIP di lingkungan Inspektorat Kabupaten Kepulauan Talaud. Selain itu ditambahkan juga bahwa walau target pencapaian kapabilitas APIP menjadi level 3 untuk seluruh APIP adalah tahun 2019, namun akan menjadi nilai lebih jika Inspektorat Kabupaten Kepulauan Talaud dapat meraih lebih cepat.

Ditambahkan bahwa kapabilitas APIP Inspektorat Kabupaten Kepulauan Talaud telah dilakukan penilaian pada tahun 2014 dengan hasil masih berada pada level 1, namun dengan semangat untuk mendapatkan level yang lebih tinggi maka terus melakukan pembenahan atas infrastruktur yang menjadi catatan pada saat penilaian tersebut. Pembenahan yang telah dilaksanakan, diantaranya  berupa penyusunan PKPT dengan mempertimbangkan faktor-faktor risiko dan prioritas manajemen, penyusunan pedoman/SOP/Juklak tentang Pelaksanaan Penugasan sejak perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil audit, membuka loket pelayanan konsultasi untuk membantu Kepala Desa dalam rangka pengelolaan dana desa. Dengan komitmen dari Bupati Kepulauan Talaud dalam mengembangkan APIP maka Inspektorat Kabupaten Kepulauan Talaud, saat ini telah melaksanakan reviu atas pelaksanaan kegiatan pada SKPD atas dasar permintaan dari SKPD.

Acara Bimtek yang dilaksanakan di Kantor Inspektorat Talaud selama 3 hari mulai hari Selasa (27/09) ini dihadiri oleh Inspektur Kabupaten Kepulauan Talaud, Sekretaris Inspektorat, seluruh Inspektur Pembantu,  dan seluruh pegawai di lingkungan Inspektorat Kabupaten Kepulauan Talaud  berjumlah 26 personil. Adapun bertindak sebagai narasumber atas penugasan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara – Sihar Panjaitan, Ak., MM. CA., CFrA., QIA., adalah tim yang terdiri dari Koordinator Pengawasan Bidang Program dan Pelaporan serta Pembinaan APIP – Agus Widodo,Ak., Pengendali Teknis – Eduard N. Sompotan, SE., dan Ketua Tim – Djati Handoko, SE.

Sejalan dengan Inspektur Kabupaten Kepulauan Talaud, Agus Widodo juga menyampaikan bahwa target yang harus dicapai pada tahun 2019, bukan hanya opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) atas LKPD, tetapi juga maturitas SPIP pada level 3 dan Kapabilitas APIP level 3. Ketiga tersebut telah dicanangkan sebagai target indikator pembangunan bidang aparatur negara dan pengarusutamaan tata kelola tata pemerintahan yang baik sesuai Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015, sehingga Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud seharusnya telah mencantumkan ketiga indikator tersebut pada RPJMD. Dengan telah dicantumkannya indikator pencapaian Kapabilitas APIP level 3, maka ada dasar hukum yang jelas bagi Inspektorat Kabupaten Kepulauan Talaud untuk mencapainya. (humas/AW)



Share      

Berita Terkait:

09 Agustus 2017 09:56:39 / sulut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Diklat sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Auditor dalam Peningkatan Kapabilitas APIP
26 Oktober 2016 14:08:08 / sulut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
PENUTUPAN DIKLAT PEMBENTUKAN AUDITOR PERTAMA DI LINGKUNGAN INSPEKTORAT SE-SULAWESI UTARA
10 Oktober 2016 17:52:35 / sulut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Peningkatan Kapabilitas APIP Sebagai Kunci Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Yang Baik
07 Oktober 2016 13:32:48 / sulut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Competence, Integrity, Independent, Confidentiality, Marwah Profesi Auditor Intern
19 Juli 2016 11:18:30 / sulut / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Workshop Bagi APIP se-Provinsi Sulawesi Utara