KEGIATAN SOSIALISASI PROGRAM ANTI KORUPSI SMAN I KOTAMOBAGU

Acara tersebut diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan kepada para siswa akan bahaya dan dampak korupsi terhadap kehidupan di sekitar kita. Kegiatan sosialisasi tersebut diselenggarakan bertepatan dengan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah  untuk siswa baru SMAN I Kotamobagu. Dalam sambutan singkatnya kepala sekolah SMAN I Kotamobagu,  Dra. Hj. Nursiati Pobela menyampaikan bahwa pentingnya para siswa mengenal korupsi dan dampaknya sejak dini. Beliau juga menambahkan bahwa dengan mengenal lebih jauh dampak korupsi, para siswa diharapkan dapat menghindari perbuatan yang termasuk tindakan korupsi dalam kehidupan sehari-hari seperti mencontek.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan menampilkan tayangan mengenai seorang siswa yang melihat tindakan korupsi dalam kehidupan sehari-hari dan dilanjutkan pemaparan yang disajikan oleh BPKP yang diwakili oleh Bapak Sutiminberjudul “Peran Pelajar dalam Memerangi Korupsi”. Pemaparan yang disampaikan berupapengertian korupsi, bentuk dan dampaknya, upaya pemberantasan korupsi, serta peran pelajar dalam upaya pemberantasan. Usai pemaparan, para siswa antusias mengajukan beberapa pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah dampak korupsi bagi pelajar yang ditanggapi langsung oleh pemateri berupa contoh pembangunan sekolah, jika uang yang digunakan untuk membangun sekolah ternyata digunakan untuk kepentingan pribadi maka akan menghambat proses pembangunan dan berdampak langsung dalam kegiatan belajar mengajar karena fasilitas kurang atau ruang kelas tidak nyaman.

Di akhir acara, BPKP memberikan saran kepada para siswa untuk ikut berperan membantu pemberantasan korupsi dengan belajar sungguh-sungguh dan berperilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari. - VDE