Dari Acara Buka Puasa Bersama BPKP Sulut, Indahnya Kebersamaan

Bertempat di Ruang Aula Perwakilan BPKP Sulut, acara yang mengambil tema “Indahnya Kebersamaan” ini juga dirangkaikan dengan perpisahan 2 (dua) orang pegawai, yakni Harry Anugerah Pradana, PFA Bidwas IPP yang akan melanjutkan studi S-2 pada program Beasiswa STAR di Universitas Padjajaran, dan Ahmad Faiz Burhani, PFA Bidang APD, yang akan menempuh pendidikan S-1 pada program Beasiswa STAR di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Setelah acara dibuka dengan sambutan Ketua BAIS – Agus Sulastomo Sjaifoel, baik itu Harry A. Pradana dan A. Faiz Burhani masing-masing menyampaikan kesan dan pesan selama bertugas di Perwakilan BPKP Sulut, sembari menghaturkan terima kasih dan pamit kepada seluruh insan Perwakilan BPKP Sulut.

Kepala Perwakilan BPKP Sulut – Sihar Panjaitan, Ak., MM., CA., CFrA., QIA., dalam sambutannya menyampaikan bahwa seyogianya setiap manusia dalam tindakannya dapat menghasilkan kemudahan bagi orang lain, terlepas dari agama apapun yang dianutnya. Baik itu pimpinan dan bawahan dalam menjalankan pekerjaan agar dapat saling memudahkan satu sama lain, namun jangan sampai menyalahgunakan kemudahan yang diperoleh untuk hal yang melanggar etika. Sihar Panjaitan juga mengucapkan selamat kepada kedua PFA yang akan melanjutkan studinya, serta selamat menantikan Hari Kemenangan 1 Syawal bagi seluruh pegawai BPKP Sulut yang sedang menjalankan ibadah Ramadhan.

Acara juga diisi oleh tausiyah Ramadhan yang dibawakan oleh Ustadz Hamzah Kadir. Diselingi guyonan-guyonan ringan, Ust. Hamzah Kadir menyampaikan bahwa indahnya kebersamaan merupakan gambaran dari hadis Rasullullah SAW, “Khairunnas anfa'uhum linnas” yang artinya “sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya”, yang juga bermakna sama dengan falsafah hidup masyarakat Sulawesi Utara, yakni Si Tou Timou Tumou Tou. Indahnya kebersamaan tersebut tercermin dari kerukunan masyarakat di Sulawesi Utara yang majemuk yang telah berlangsung sejak lama.

Ust. Hamzah Kadir juga menguraikan 7 (tujuh) kunci kebahagiaan sesuai pesan Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA. bagi seluruh umat manusia, dan umat Islam pada khususnya, yakni (1) Jangan pernah membenci siapapun, walau telah ia menyalahi hakmu, (2) Jangan pernah bersedih secara berlebihan sekalipun masalah memuncak, (3) Perbanyaklah memberi walaupun kamu sedang susah, (4) Tersenyumlah walaupun hatimu menangis, (5) Berbuatlah kebaikan sekalipun mengalami musibah, (6) Hiduplah dalam kesederhanaan walaupun kamu serba berkecukupan, dan (7) Jangan pernah berhenti mendoakan saudara-saudara mukmin.

Acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama seluruh warga BPKP Sulut dengan menu ta’jil dan makan malam yang telah disediakan, serta ibadah Shalat Maghrib, Shalat Isya, Shalat Tarawih, dan Shalat Witir bersama BAIS BPKP Sulut. (humas/amfdp)