Penyelenggaraan Diklat Pembentukan Auditor Ahli Pertama

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara, Sihar  Panjaitan, Ak, MM, CFrA. membuka secara resmi penyelenggaraan Diklat Pembentukan Auditor Ahli Pertama di Lingkungan BPKP, Inspektorat Sulawesi Tenggara, Inspektorat Kabupaten Pinrang, Inspektorat Kabupaten Bone, Inspektorat Kabupaten Banggai Laut, Inspektorat Kabupaten Pangkep, Inspektorat Kota Singkawang, Inspektorat Kabupaten Gowa, dan Inspektorat Kabupaten Bantaeng. Acara pembukaan diklat yang diadakan di Hotel Arya Duta Manado tersebut berlangsung pada hari Senin, 04 April 2016.

Dalam sambutannya, Sihar mengemukakan pentingnya penyelenggaraan Diklat Auditor Ahli tersebut untuk meningkatkan profesionalisme auditor dalam rangka pelaksanaan tugas pengawasan atas pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan. Auditor memiliki peran strategis dalam mewujudkan pemerintahan dan pembangunan secara efisien, efektif, dan sesuai dengan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Diklat pembentukan auditor ahli ini merupakan program STAR Project BPKP. Rencananya, penyelenggaraan diklat akan berlangsung tanggal 4 April 2016 hingga tanggal 22 April 2016. Pesertanya diikuti oleh 35 orang yang berasal dari lingkungan BPKP sebanyak 1 orang, Inspektorat Sulawesi Tenggara sebanyak 13 orang, Inspektorat Kabupaten Pinrang sebanyak 1 orang, Inspektorat Kabupaten Bone 2 orang, Inspektorat Kabupaten Banggai Laut 6 orang, Inspektorat Kabupaten Pangkep sebanyak 1 orang, Inspektorat Kota Singkawang sebanyak 5 orang, Inspektorat Kabupaten Gowa 3 orang, dan Inspektorat Bantaeng sebanyak 3 orang.

Pada akhir sambutannya, Sihar mengharapkan para peserta diklat bisa belajar kepada kabupaten/kota  yang sudah berhasil menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik seperti Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Banggai Laut. - (Humas)