Pemkot Kotamobagu Gandeng BPKP Sulut Gelar Workshop Penatausahaan Keuangan dengan Aplikasi SIMDA

Dalam acara yang melibatkan para Kepala SKPD, Sekretaris, Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, serta operator SIMDA pada seluruh SKPD di lingkup Pemerintah Kota Kotamobagu, hadir Walikota Kotamobagu – Tatong M. Bara, Wakil Walikota – Jainuddin Damopolii, serta Kaper BPKP Sulut – Adil Hamonangan Pangihutan, yang didampingi Kepala Bidang Pengawasan Akuntabilitas Pemda – Agus Catur Hartanto.

Dalam sambutan pembukaan acara workshop, Tatong M. Bara memberikan apresiasi kepada BPKP Sulut yang telah menjadi fasilitator dalam kegiatan ini. Ia jua menghimbau seluruh aparatur pengelola keuangan daerah di SKPD untuk dapat memanfaatkan workshop sebaik-baiknya sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan dalam pengelolaan keuangan berbasis akrual yang telah diterapkan pada tahun 2015, terutama dengan pemanfaatan aplikasi SIMDA untuk menunjang penatausahaan keuangan daerah.

Adil Hamonangan Pangihutan pada kesempatan tersebut menyampaikan materi mengenai peran BPKP dalam melakukan pembinaan Pemda dalam penerapan PP 71/2010  melalui: (1) peningkatan kompetensi SDM Pemda, (2) pengembangan aplikasi pengelolaan keuangan daerah, (3) keaktifan dalam pemberian rekomendasi, serta (4) kegiatan asistensi penerapan sistem akuntansi dan aplikasi pengelolaan keuangan daerah. Adapun materi lain yang diberikan dalam workshop ini, antara lain Substansi Penatausahaan Keuangan Daerah berbasis Akrual dengan beserta simulasi kegiatan penatausahaan dengan menggunakan aplikasi SIMDA Keuangan versi 2.7 R4. (humas/amfdp)