Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara

Kunjungi BPKP Sulut, Deputi PKD Ingatkan Tantangan Implementasi SAP Berbasis Akrual
09 Desember 2014 08:54:05 / sulut / dibaca: 3715 kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor

Di sela-sela kesibukannya setelah mengikuti Sosialisasi Implementasi Akuntansi Berbasis Akrual dan Implementasinya Terhadap Opini Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2015 yang diselenggarakan oleh BPK hari Senin (8/12), Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah – Dadang Kurnia, Ak., MBA., CA. berkesempatan mengunjungi Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara. Kunjungan ini juga terkait kedudukannya sebagai Deputi Pembina BPKP Sulut sekaligus bersilahturrahmi dengan seluruh jajaran BPKP Sulut.

Dalam acara tersebut Dadang Kurnia didampingi oleh Direktur Wilayah III Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah– Sri Penny Ratnasari, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara – Adil Hamonangan Pangihutan. Hadir pula Kaper BPKP Provinsi Sulawesi Tengah – Achdiman Kartadimadja, Pegawai BPKP yang kini dipekerjakan Inspektur Provinsi Sulawesi Utara– Praseno Hadi, para Kepala Bidang/Bagian, para Kasubbag, serta para Pejabat Fungsional Auditor dan Fungsional Umum BPKP Sulut.

Dalam paparannya, Dadang Kurnia menyampaikan beberapa hal terkait tantangan penerapan Standar Akuntansi Berbasis Akrual pada tahun anggaran 2015 berdasarkan amanat PP Nomor 71 Tahun 2010. BPKP, khususnya Bidang APD diharapkan dapat menjadi katalisator bagi pengembangan kualitas pengelolaan keuangan, khususnya peningkatan opini LKPD. Dadang mengingatkan ke depan tugas ke-APD-an yang sangat beragam, antara lain Pengelolaan Keuangan melalui Implementasi aplikasi SIMDA, Korsupgah KPK-BPKP, hingga Pengawasan atas Kewajiban Perpajakan BUD.

Dadang menambahkan, bahwa tantangan ke-APD-an ini bukan hanya tugas PFA di Bidang APD namun seluruh PFA di Perwakilan BPKP. Oleh karena itu, mantan Kaper BPKP Riau ini berpesan agar seluruh PFA, termasuk para CPNS BPKP Sulut untuk terus meningkatkan kompetensi dalam bidang pengelolaan keuangan daerah, antara lain melalui pelatihan aplikasi SIMDA maupun sharing antar sesama PFA dalam melaksanakan tugas ke-APD-an, sehingga diperoleh sinergi yang berpengaruh positif pada keberhasilan pelaksanaan tugas.

Pada kesempatan tersebut, Praseno Hadi dan Achdiman Kartadimadja juga menyampaikan kondisi-kondisi yang terjadi di unit kerja yang mereka pimpin, terutama menyangkut hubungan kerja antara BPKP dan Pemda. Disamping itu, beberapa pegawai juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan Dadang Kurnia dan Sri Penny Ratnasari, terkait pengembangan kepegawaian dan organisasi BPKP pada masa mendatang, serta persiapan Penatausahaan Keuangan Pemda dengan menggunakan aplikasi SIMDA Keuangan Versi 2.7. (humas/amfdp)



Share      

Berita Terkait:

05 Nopember 2018 18:21:08 / sulut / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Audit Kinerja Sebagai Jembatan dalam Upaya Peningkatan Kapabilitas APIP
20 September 2017 00:47:55 / sulut / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Penuhi Kebutuhan Auditor Untuk Mendukung Peningkatan Kapabilitas APIP
27 Oktober 2016 06:14:07 / sulut / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Menjaga Integritas BPKP dengan Kecepatan, Ketepatan dan Kualitas dalam Pelaksanaan Tugas
06 April 2016 18:46:40 / sulut / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
WORKSHOP PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DAN TRAINING MIND SETTING “APD SMART PRO”
09 Pebruari 2016 15:41:57 / sulut / dibaca: kali / Kat: Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Auditor
Diklat Pembentukan Auditor Ahli Di Lingkungan Pemda Bolsel Dan Bolmut