Pemkot Manado Bekerjasama Dengan BPKP Pertajam Kemampuan Pengelolaan BMD

 Acara dihadiri oleh Sekretaris Kota Manado – Ir. M.H.F. Sendoh, Kepala Bidang APD Perw. BPKP Prov. Sulut – Ikhwan Mulyawan, Ak., Pengendali Teknis Bidang APD – John P. Mottoh, SE., Kepala Seksi Penetapan Tanah Pemerintah Kanwil BPN Provinsi Sulut – Lastri Sukriningsih, M.Eng., serta seluruh Pengguna Barang, Pengurus Barang, dan Penyimpan Barang di lingkungan Pemerintah Kota Manado.

Kepala BPK-BMD – Drs. Manarsar Panjaitan, M.Si., dalam laporan panitia penyelenggara, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai pengelolaan BMD sesuai peraturan yang berlaku. Pada kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan beberapa permasalahan yang terjadi terkait pengelolaan BMD di Kota Manado, antara lain kekurangpedulian SKPD terhadap keberadaan aset tetap yang digunakan, masih belum disiplinnya SKPD dalam mengisi Kartu Inventaris Barang (KIB), serta kendala dalam pensertifikasian tanah milik Pemerintah Kota Manado.

Ir. M.H.F. Sendoh, dalam sambutannya menyampaikan bahwa BMD merupakan salah satu elemen penting dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, yang pengelolaannya harus dilaksanakan dengan tertib dan taat azas. Pada akhir sambutannya, ia mengharapkan agar para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan serius agar mereka memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam pengelolaan BMD, serta memberikan apresiasi kepada narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara dan Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Utara.

Adapun materi yang akan disampaikan dalam Bimtek Pengelolaan BMD ini, antara lain: 1) Gambaran Umum Pengelolaan BMD; 2) Pengadaan Tanah untuk Pembangunan dan Kepentingan Umum; 3) Perencanaan, Penganggaran, dan Pengadaan BMD; 3) Penerimaan, Penyimpanan, Penyaluran, dan Penggunaan BMD; 4) Pengamanan dan Pemeliharaan BMD; 5) Pemanfaatan dan Penatausahaan BMD; 6) Penilaian, Penghapusan, dan Pemindahtanganan BMD; 7) Akuntansi Persediaan; dan 8) Akuntansi Aset Tetap. (humas/amfdp)