BPKP Sultra Koordinasi Pengawasan dengan Dinkes Prov Sultra dan BPJS Cabang Kendari

Cuaca kota Kendari Sulawesi Tenggara pada pagi itu kurang bersahabat, Ibu Kota Sulawesi Tenggara tersebut diguyur hujan sedari pagi. Akan tetapi hal tersebut tidak menyurutkan Tim BPKP Sulawesi Tenggara yang  dalam hal ini diwakili oleh Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Tenggara Sasono Adi, yang juga didampingi oleh Korwas Bidang AN Kartini Lely Hawiah, Korwas Bidang IPP Agus Dwi Praptama, dan Korwas Bidang APD Arinto Dananjaya untuk melakukan koordinasi pengawasan ke Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara yang beralamatkan di Kompleks Perkantoran Bumi Praja Jl. Boulevard Simpang Tiga Kota Kendari.

Ditemui langsung oleh plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara Muhammad Ridwan beserta staff rapat koordinasi berlangsung di ruang kerja Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara, rapat koordinasi tersebut berlangsung sekitar tiga jam dengan pokok pokok pembahasan seputar klaim Rumah Sakit Rujukan Covid-19,  Insentif dan Santunan Kematian Tenaga Kesehatan yang menangani Covid-19. Hadir pula dalam pertemuan tersebut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, yang memberikan keterangan dan penjelasan kepada Tim BPKP Sulawesi Tenggara terkait proses verifikasi  berkas klaim rumah sakit dan permasalahan yang timbul dilapangan. Dalam diskusi tersebut Tim BPKP Sulawesi Tenggara memberikan masukan-masukan baik kepada Dinas Kesehatan maupun BPJS Kesehatan Cabang Kota Kendari agar proses klaim ataupun pemberian insentif kepada tenaga kesehatan segera di proses sesuai ketentuan yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan dengan tetap menjaga agar selalu akuntabel. Selain itu perlu ditingkatkan koordinasi antara dinas kesehatan provinsi dengan dinas kesehatan kabupaten/kota.

Mengakhiri diskusi pada hari itu, Sasono Adi mengungkapkan terima kasih untuk kesempatan  diskusi ini kepada plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari serta mempersilahkan jika memerlukan bantuan, BPKP Sulawesi Tenggara siap memberikan consulting activities  karena hal tersebut sudah menjadi  salah satu fungsi dan tugas pokok dari BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara.

(Kominfo BPKP Sultra – Dicky)