Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara

COACHING CLINIC “TELAAH SEJAWAT ANTAR APIP” , SEBUAH BEKAL MENUJU PK APIP LEVEL 3
11 September 2019 13:29:59 / sultra / dibaca: 58 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Kendari(11/09/19)Pada tanggal 5-6 September 2019 lalu telah diadakan kegiatan coaching clinic telaah sejawat antar apip yang diikuti oleh 5 APIP daerah. APIP yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Inspektorat Daerah Kabupaten Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka, Kolaka Timur, dan Inspektorat Daerah Kota Kendari. Kegiatan telaah sejawat antar APIP ini penting dan menjadi salah satu fokus utama pemenuhan elemen peningkatan kapabilitas APIP

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Konsultasi Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara ini bertujuan untuk memfasilitasi pelaksanaan dan tata cara telaah sejawat antar APIP yang sesuai dengan Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia (SAIPI). Telaah sejawat antar APIP adalah salah satu kriteria pemenuhan infrastruktur Level 3 Kapabilitas APIP, tepatnya pada unsur Praktik Profesional (elemen 3) mengenai Quality Assurance and Improvement Program (QAIP). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Andono Warih selaku Korwas P3APIP dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh rekan-rekan PFA di bidang P3APIP. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk telaah sejawat antar APIP telah dituangkan dalam bentuk kertas kerja yang mengacu pada SAIPI dan dibahas secara langsung dalam kegiatan coaching clinic ini.

Kegiatan telaah sejawat antar APIP adalah sesuatu yang baru di lingkungan APIP di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, dan peserta begitu tertarik mengikuti seluruh penjelasan yang dijelaskan oleh pemateri. Hal ini terbukti dengan antusiasme peserta yang aktif dalam diskusi-diskusi yang terjadi selama Coaching clinic berlangsung. Unsur-unsur penilaian telaah sejawat ini mencakup keseluruhan aspek yang ada pada APIP antara lain Prinsip-prinsip dasar, Standard Umum, Standard Pelaksanaan Audit Intern, dan Standard Komunikasi Audit Intern. Jika dilihat dari kondisi APIP di Provinsi Sulawesi Tenggara saat ini, sepertinya memang masih terdapat banyak hal yang harus diperbaiki agar kekurangan unsur-unsur penilaian kapabilitas APIP dapat terpenuhi. Selain itu, telaah sejawat antar APIP sendiri adalah sebuah upaya untuk mengevaluasi APIP dan mendorong pencapaian kapabilitas APIP menuju Level 3. Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara telah berkomitmen untuk selalu siap membimbing dan memfasilitasi APIP dalam mencapai kapabilitas APIP level 3. Sebelum menutup kegiatan Coaching clinic ini, Bapak Andono Warih kembali menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bekal awal APIP di Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara agar dapat melakukan telaah sejawat antar APIP. Selain itu, Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak berakhir sampai disini saja, kedepannya APIP di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara bersama BPKP akan berkoordinasi untuk menyelenggarakan kegiatan telaah sejawat antar APIP maupun kegiatan lainnya terkait peningkatan kapabilitas APIP secara periodik.(Ak/St)



Share      

Berita Terkait:

20 Juni 2019 14:01:19 / sultra / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP Sultra Asistensi Penyusunan Renstra LPP TVRI Sultra Tahun 2020-2024
29 Maret 2019 17:45:11 / sultra / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
SENSUS BMD PERKUAT SINERGI BPKP SULTRA DAN PEMKAB MUNA
21 Maret 2019 10:57:11 / sultra / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Buton Tengah Siap Implementasikan Siskeudes Versi 2.0
21 Maret 2019 10:55:00 / sultra / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Buton Selatan Siap Implementasikan Siskeudes Versi 2.0
06 Desember 2018 07:02:43 / sultra / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Sosialisasi Pedoman Pengawasan Intern Atas PBJPemerintah Tahun 2018 APIP Se-Sultra