Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara

WORKSHOP EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM TATA KELOLA KEUANGAN DESA DI KABUPATEN KOLAKA, SULTRA.
07 Nopember 2018 13:46:26 / sultra / dibaca: 358 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Membangun dan Memperkuat Desa melalui Workshop Evaluasi Inplementasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa Dengan Aplikasi Siskeudes sehingga dapatberjalan dengan baik danb berhasil meningkatkan kesejahteraan Rakyat.

"Acara Workhsop Evaluasi Implementasi Sistem tata kelola keuangan desa dengan aplikasi siskeudes yang sangat strategis dan penting ini untuk berkoordinasi, berfikir dan memutuskan bersama arah dan kebijakan terbaik dalam mewujudkan pembangunan Desa di Kabupaten Kolaka” demikian dikatakan Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, SH., MH dalam acara pembukan Workshop tersebut yang diadakan pada hari Rabu, 24 Oktober 2018 di Aula Bupati Kabupaten Kolaka tersebut, yang dihadiri oleh Anggota Komisi XI DPR-RI Haerul Saleh, Direktur PKD Wilayah 3 Iskandar Novianto, Kepala Perwakilan BPKP Prov. Sultra, Yan Setiadi,  Kalan BPK RI Prov. Sultra Hermanto, Narasumber Polda Sultra, Wakil Bupati Kolaka, Sekda Kolaka, Kepala OPD Lingkup Pemkab Kolaka, Camat se-Kabupaten Kolaka dan Kepala Desa se-Kabupaten Kolaka yang berjumlah kurang lebih 228 orang. Dengan adanya acara ini semua pihak berharap agar desa semakin mampu menggunakan aplikasi siskeudes, sehingga mendukung penerapan prinsip akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan dana pemerintahan desa.

 

Pada kesempatan yang sama, Direktur PKD Wilayah III, Iskandar Novianto, menyampaikan beberapa materi terkait hasil evaluasi atas implementasi siskeudes di Kolaka efektif sejak tahun 2016. Namun dari hasil evaluasi diketahui tingkat implementasi belum optimal. Baru sekitar 75% desa yang menggunakan siskeudes secara penuh mulai dari tahap penganggaran sampai dengan penatausahaan, selebihnya desa baru menggunakannya untuk kegiatan penganggaran. Padahal diharapkan dengan siskeudes ini dapat membantu para desa untuk mengelola administrasi keuangan sampai dengan pelaporannya. selain itu Direktur PKD Wil 3 juga menyampaikan beberapa hal mengenai kebijakan dan regulasi penggunaan dana desa yang harus dipahami oleh para Kades serta pegawai di lingkungan Kabupaten Kolaka.

 

(humas/sultra)



Share      

Berita Terkait:

29 Maret 2019 17:45:11 / sultra / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
SENSUS BMD PERKUAT SINERGI BPKP SULTRA DAN PEMKAB MUNA
21 Maret 2019 10:57:11 / sultra / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Buton Tengah Siap Implementasikan Siskeudes Versi 2.0
21 Maret 2019 10:55:00 / sultra / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Buton Selatan Siap Implementasikan Siskeudes Versi 2.0
06 Desember 2018 07:02:43 / sultra / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Sosialisasi Pedoman Pengawasan Intern Atas PBJPemerintah Tahun 2018 APIP Se-Sultra
13 September 2017 11:30:23 / sultra / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
Workshop SIMDA Perencanaan dan Konsinyering LKPD Tahun 2017 Kabupaten/Kota se-Provinsi Sultra