Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara

Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP diLingkungan Pemda Se-Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2018
24 April 2018 13:29:42 / sultra / dibaca: 1116 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Level 3 Kapabilitas APIP bukan merupakan semata-mata target dalam RPJMN. Namun merupakan kebutuhan APIP untuk dapat menjalankan peran dengan optimal. Hal ini sangat erat kaitannya dengan peran APIP yang efektif sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

Bertempat di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara, selama empat hari kerja dari tanggal 23 s.d. 26 April 2018 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP di Lingkungan Pemda Se-Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2018, yang berkolaborasi dengan empat instansi lainnya yaitu, Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara, Polda Sulawesi Tenggara, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, dan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara, yang diikuti oleh 59 peserta.

Hadir dalam pembukaan workshop ini, Hery Nurudin sebagai Koordinator Wilayah Koordinasi dan Supervisi Pencegahan KPK Wilayah Sulawesi Tenggara, Inspektur Kota Baubau, Inspektur Kabupaten Wakatobi, dan Inspektur Kabupaten Buton Tengah, pegawai Inspektorat Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Tenggara serta para pejabat Struktural di lingkungan BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sementara itu, Koordinator Wilayah Koordinasi dan Supervisi Pencegahan KPK Wilayah Sulawesi Tenggara, Hery Nurudin, menyampaikan bahwa Inspektorat Daerah sebagai APIP di daerah merupakan mitra KPK yang menjadi bagian dari early warning system untuk pencegahan korupsi didaerah.

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara, R. Ersi Soenarsih,  menyampaikan bahwa Level 3 Kapabilitas APIP bukan merupakan semata-mata target dalam RPJMN. Namun merupakan kebutuhan APIP untuk dapat menjalankan peran dengan optimal. Hal ini sangat erat kaitannya dengan peran APIP yang efektif sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, yaitu untuk memberikan keyakinan yang memadai atas pencapaian tujuan Instansi Pemerintah, memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko, serta memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi Instansi Pemerintah.

Dengan terselenggaranya Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP ini, Inspektorat Daerah diharapkan dapat menjalankan perannya dengan lebih optimal. Adapun materi yang disampaikan dalam workshop ini mencakup beberapa topik, yakni Studi Kasus dan Modus PBJ, Probity Audit, Studi Kasus Tindak Pidana Korupsi, Pengelolaan Pengaduan Masyarakat, dan Audit Investigatif , serta SPIP dan Kapabilitas APIP.



Share      

Berita Terkait:

30 Maret 2019 09:36:02 / sultra / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Library Cafe Episode Pertama sharing pengetahuan dengan Kepala BPS Sultra
12 Maret 2019 12:57:38 / sultra / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
INSPEKTORAT KOTA BAUBAU TERUS BERBENAH DIRI MENUJU LEVEL 3 KAPABILITAS APIP
11 Pebruari 2019 13:50:48 / sultra / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
GUBENUR SULTRA: PERAN BPKP DI DAERAH SEMAKIN PENTING
30 Agustus 2018 15:25:18 / sultra / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Kepala Perwakilan BPKP Sultra dampingi Kunjungan Kerja Menteri Keuangan
13 Nopember 2017 12:51:48 / sultra / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
FESTIVAL WAKATOBI WAVE TAHUN 2017