Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara

Upaya Pencegahan Korupsi di Baubau dan Buton Selatan
27 Mei 2015 14:31:40 / sultra / dibaca: 6674 kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek

Kaper BPKP Sultra berikan arahan pada entrymeeting kegiatan Korsupgah di Pemko Baubau, dan lakukan kunjungan ke Pemkab Buton Selatan yang melatih pegawainya menerapkan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual. Sama-sama upaya mencegah korupsi. Karena mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.

"Kegiatan Koordinasi, Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) Korupsi adalah ranah pencegahan. Sesuai PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), sebagai pembina SPIP, peran BPKP memang lebih cenderung kepada pencegahan. Sedangkan fungsi KPK yang selama ini terlihat seperti lebih kepada penindakan, sesungguhnya, KPK pun memiliki banyak program pencegahan. Antara lain kegiatan Korsupgah ini. Maka, dalam Korsupgah inilah, terdapat interseksi atau irisan antara tugas KPK dan tugas BPKP. Dan dengan keterbatasan jumlah SDM KPK untuk merambah sampai ke pelosok daerah maka KPK pun menggandeng BPKP yang memiliki perwakilan di daerah untuk melaksanakan kegiatan ini," demikian disampaikan Kepala Perwakilan BPKP Sultra Dikdik Sadikin pada acara entrymeeting Korsupgah di Pemko Bau Bau, pada Kamis, 21 Mei 2015, di ruang rapat kantor Walikota Bau Bau itu. 

Didampingi Asisten III Hj. Waode Nahrat dan Asisten I Amsir Afie Pemko Bau Bau, serta Inspektur dan Kepala DPPKAD Kota Bau Bau, Kaper BPKP Sultra menyampaikan bahwa sasaran kegiatan Korsupgah kali itu adalah sektor penganggaran, pendapatan serta pengadaan barang dan jasa. 

Dalam kesempatan itu, di hadapan para asisten dan para Kepala SKPD serta para Camat di lingkungan Pemko Bau Bau, Korwas APD Teguh Harjanto antara lain menyampaikan rencana dan tujuan kegiatan Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah)  tahun 2015 di Pemko Bau Bau.

Asisten III Hj. Waode Nahrat dan Asisten I Amsir Afie Pemko Bau Bau menyambut baik kegiatan Korsupgah di wilayah kerjanya. Antara lain dikatakan Amsir bahwa seluruh jajaran SKPD Pemko Bau Bau siap memberikan data dan masukan yang diperlukan guna menyukseskan kegiatan tersebut.

Setelah acara entry meeting Korsupgah di Pemko Bau Bau selesai, Kaper dan Korwas APD menyempatkan untuk mengunjungi Kota Batauga, ibukota Pemkab Buton Selatan, sekitar setengah jam dari Kota Bau Bau, masih dalam pulau yang sama yaitu Pulau Buton.

Pemkab Buton Selatan pada saat yang sama tengah menyelenggarakan bimtek standar akuntansi pemerintah berbasis akrual dengan narasumber tim dari BPKP Sultra. Acara itu dibuka langsung oleh Sekda Buton Selatan M. Zakir.

Kaper dan jajarannya disambut Pak Sekda Buton Selatan dan menyatakan apresiasinya atas kontribusi BPKP dalam penerapan SAP berbasis akrual. Peralihan dari basis kas menjadi basis akrual dalam akuntansi keuangan pemerintah daerah, dikatakan M. Zakir, menuntut peningkatan kualitas SDM pengelolanya. Dan karena keuangan daerah menyangkut amanah masyarakat, maka amanah ini harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin, dengan sistem yang baik dan pegawai yang terlatih. Hal ini bukan saja berguna agar jalannya pengelolaan keuangan sesuai peraturan tetapi juga dapat mencegah korupsi sehingga menjaga pengelolanya untuk bekerja secara efisien, efektif dan tanpa korupsi, serta "aman" dari jeratan hukum. 

 

(HUMAS BPKP SULTRA)

 



Share      

Berita Terkait:

16 Agustus 2018 19:02:50 / sultra / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Bupati Konsel Sambut Baik Kunjungan Kerja Kepala Perwakilan BPKP Sultra dan Nyatakan Apresiasi
16 Agustus 2018 17:55:40 / sultra / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Silaturrahim Pertama Kepala Perwakilan BPKP Sultra ke Plt Walikota Kendari
11 April 2016 13:46:05 / sultra / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Sekali Dayung Empat Pulau Terlampaui Sekali Bimtek Empat Kegiatan Terlaksana
02 Nopember 2015 18:22:00 / sultra / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
Bupati Kolaka Sambut Baik Upaya BPKP Kawal Keuangan Desa
29 Juni 2015 10:30:02 / sultra / dibaca: kali / Kat: Konsultasi, Asistensi dan Bimtek
LKPD Pemprov Sultra TA 2014 Raih Opini WTP