BPKP Sosialisasi Anti Korupsi pada kandidat investigator UHO

Bertempat di Auditorium Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Haluoleo Kendari, pada tanggal 2 Oktober 2013 diselenggarakan Sosialisasi Program Anti Korupsi (SOSPAK) dengan tema Bersama BPKP memerangi korupsi, peran mahasiswa baru dalam memerangi korupsi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara (Danny Amanda red).

Sosialisasi ini terselenggara berkat kerja sama antara Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Jurusan Akuntansi Universitas Haluoleo (UHO) Kendari. Sosialisasi diikuti oleh kandidat-kandidat auditor investigasi masa depan dan para pakar pembentuk kandidat auditor investigasi (dosen red) serta tamu undangan (Dekan Fakultas Ekonomi dan Ketua Jurusan Akuntansi).

Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara lebih memilih para kandidat auditor investigasi dengan maksud untuk lebih mengenalkan area-area beraroma korupsi, karena dipundaknya mereka nantinya kita akan bertumpu untuk memerangi korupsi dalam bidang tata kelola keuangan, baik sektor publik maupun sektor korporat khususnya pencegahan dan penindakan korupsi (sebagai ahli accounting dan auditing red).

Dalam paparannya Danny Amanda menyampaikan pesan bahwa walaupun sekarang masih menjadi mahasiswa, bukan berarti tidak memiliki peran dalam memerangi korupsi, mahasiswa memiliki peran antara lain ikut mengawasi pengelolaan dana di kampus, melakukan penelitian ilmiah dalam rangka menciptakan sistem pengelolaan keuangan negara yang dapat mengurangi risiko korupsi.

Untuk memperkaya wawasan para kandidat investigator, Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara menghadirkan Mochamad ichsani, Ketua SPI Universitas Haluoleo. Dalam paparannya disampaikan bahwa para kandidat harus kenal dengan siklus keuangan negara yaitu mulai dari penyusunan APBN/APBD  sampai dengan pertanggungjawabanya, karena dalam siklus tersebut tersimpan risiko penyimpangan yang ada.

Tepat pukul 12.45, sosialisasi ditutup oleh Danny Amanda dengan ucapan Alhamdullillahi Rabbbil Alamin serta ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini.NK