“Kawal Dana Covid-19” Kaper BPKP dan Kajati bersama Gubernur Sulteng

 

 

Acara dibuka dengan pembacaan doa, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, dengan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah, Gerry Yasid, dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Beligan Sembiring.

Penandatanganan MoU ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan akuntabilitas dalam pengelolaan dan penggunaan dana dalam rangka penanggulangan dan pencegahan Virus Corona Disease (Covid-19) di Provinsi Sulawesi Tengah, termasuk pengadaan barang/jasa sehingga memperoleh hasil yang optimal, tepat guna dan berdaya guna bagi masyarakat serta sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Diharapkan pengelolaan keuangan dan pengadaan barang/jasa guna keperluan pencegahan dan penanggulangan Virus Corona Disease (Covid-19) di Provinsi Sulawesi Tengah, dapat dilakukan pendampingan dan pengawasan terhadap akuntabilitas keuangan daerah, pencegahan, pendampingan hukum, monitoring, evaluasi, dan tindakan hukum lain guna mencegah terjadinya korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Selanjutnya, Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah dan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah menjadi Pendamping, memberikan masukan dan saran bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. MoU ini berlaku 1 tahun sejak ditandatanganinya MoU pada tanggal 5 Mei 2020.

Penandatanganan MoU berlangsung secara singkat sesuai Protokol Pandemi Covid-19 terkait Social Distancing, Physical Distancing dan pada acara tersebut Gubernur, Kajati, maupun Kaper BPKP Sulteng tidak menyampaikan sambutan.

Dengan adanya MoU ini, masing-masing pihak yang ikut menandatangani MoU turut berkontribusi secara aktif dalam meningkatkan efektivitas dan akuntabilitas dalam pengelolaan dan penggunaan dana dalam rangka penanggulangan dan pencegahan Virus Corona Disease (Covid-19) di Provinsi Sulawesi Tengah sesuai dengan peran masing-masing. Acara ditutup dengan berfoto bersama seluruh pihak yang menandatangani MoU ini.

Humas BPKP Sulteng (Sugimulyo/Naufal)