Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Upaya Peningkatan Sistem Pengendalian Intern di Pemkab Morowali Utara
06 Pebruari 2020 11:03:06 / sulteng / dibaca: 192 kali / Kat: Kapabilitas APIP

Kabupaten Morowali Utara, sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah dengan Ibu kota Kolonodale. Morowali Utara merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Morowali yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada tanggal 12 April 2013. Sebagai daerah yang baru berdiri sudah lazim jika masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan dalam rangka peningkatan tata kelola pemerintahan daerah yang baik (Good Governance).

Senin, 3 Februari 2020 Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Beligan Sembiring, didampingi oleh Koordinator JFA Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Sugimulyo, mengadakan pertemuan dengan Sekretaris Daerah, Inspektur dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Morowali Utara dengan tujuan menyamakan persepsi dalam upaya mendorong peningkatan tata kelola pemerintah daerah yang baik, terutama upaya peningkatan kapabilitas APIP, LKPD dan Maturitas SPIP.

 
Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali Utara, Musda Guntur, menyambut baik kedatangan tim dari BPKP Sulteng. “Banyak hal yang harus ditingkatkan di Pemerintah Kabupaten Morowali Utara. Diharapkan dengan kerjasama yang baik dengan  Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah kami yakin dapat mengatasi permasalahan yang ada, khususnya peningkatan sistem pengendalian intern dalam penyusunan LKPD tahun 2019.” ujar Musda Guntur dalam sambutannya.
 
Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Beligan Sembiring, menyampaikan arahan terkait dengan hal-hal yang harus diperhatikan dalam upaya peningkatan pengendalian intern dalam rangka peningkatan kualitas LKPD  yaitu lengkap dan update-nya infrastruktur kebijakan pengelolaan keuangan di daerah, pejabat atau pegawai yang menangani penyusunan LKPD memahami dan memiliki  keahlian dalam penyusunan laporan keuangan sesuai SAP.
 
Selain itu, dibutuhkan sinergi antar berbagai lini pengambil kebijakan, pelaksana anggaran dan penyusunan laporan keuangan, dan dukungan aplikasi yang memadai.
 
Yang menjadi titik perhatian dalam upaya peningkatan kualitas laporan keuangan adalah antara lain penyelesaian temuan pemeriksaan periode sebelumnya, perbaikan dalam pengendalian intern, pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan.
 
Selain itu, dalam rangka peningkatan kapabilitas APIP dan maturitas SPIP, agar dapat meningkatkan kualitas implementasi dan dokumentasi sebagaimana yang dibutuhkan dalam pengukurannya.
 
“Terima kasih atas kepercayaan dan kerjasama yang sudah sangat baik selama ini, kami harapkan agar tetap dapat ditingkatkan dalam mencapai kinerja yang lebih baik lagi.” ungkap Beligan Sembiring pada akhir arahannya.
 
Humas BPKP Sulteng (Sugimulyo, Naufal)


Share      

Berita Terkait:

06 Pebruari 2020 11:03:26 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Penyerahan Laporan Hasil Quality Assurance Maturitas SPIP Level 3 Kabupaten Morowali
23 Januari 2019 13:23:17 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Workshop Perencanaan Pengawasan Berbasis Resiko dan Audit Kinerja
22 September 2018 23:05:42 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
“SIM HP: Aplikasi BPKP yang membantu Inspektorat dalam tindak lanjut”
16 Juli 2018 13:37:32 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
“Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP”
09 Juli 2018 19:09:57 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Kapabilitas APIP
Pembukaan Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP