Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Rapat Koordinasi Akuntansi Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Semester I tahun 2020
23 Januari 2020 15:46:54 / sulteng / dibaca: 211 kali / Kat: SIMDA

Dalam Rangka Rapat Koordinasi Akuntansi Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Kanwil Ditjen Perbendaharaan mengundang seluruh pengelola keuangan daerah, Pemda Provinsi, Kabupaten dan Kota, se-provinsi Sulawesi Tengah. Dari masing-masing Kabupaten hadir Kepala DPKAD, Inspektur, dan Kepala Bappeda. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah.

 

Pada penjelasan pembukaan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan, sesuai dengan PP No. 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dijelaskan bahwa perlunya keseragaman pengelolaan keuangan negara, demikian juga masalah pengelompokkan perkiraan dan Badan Akur Standar harus di standarkan di seluruh Pemda.

Sebagai pembicara pada acara tersebut adalah Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Ferry Taufik dan Aditya Ardhi dari Kementerian Keuangan yang menyampaikan Penyusunan LKPD pasca terbitnya PP No. 12 Tahun 2019 dan Konsolidasi Fiskal dan statistik keuangan pemerintah. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Beligan Sembiring, menyampaikan perihal Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) terintegrasi atau Grand Design SIMDA adalah terintegrasi mulai dari SIMDA Perencanaan, kemudian Pengelolaan Keuangan mulai dari e-Budgeting, Gaji Pegawai, Pendapatan Daerah, Akuntansi Umum dan SIMDA BMD, sampai pada SIMDA SAKIP.

Ditambahkan output dari SIMDA Perencanaan dan Pelaksanaan, perlu diperhatikan kesesuaian, sesuai dengan tujuan yang seharusnya, untuk hal ini dibuat SIMDA SAKIP. Juga disampaikan mengenai perubahan regulasi yg berpengaruh signifikan pada Grand Design SIMDA, untuk permasalahan ini sudah disusun daftar resiko dan rencana aksi pengendaliannya, sehingga disimpulkan bahwa SIMDA Next-G yg ter-integrated akan dapat diterapkan dan mengikuti segala perubahan pengaruh regulasi yg ada.

Pada acara penutupan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Irfa Ampri, menyampaikan terimakasih banyak kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah atas kesediaannya hadir dan sekaligus memberikan pencerahan pada acara tersebut. (Humas)



Share      

Berita Terkait:

24 September 2019 19:02:04 / sulteng / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Workshop Updating Aplikasi SIMDA BMD Versi 2.0.7.11 se-Sulawesi Tengah
20 Mei 2013 08:40:02 / sulteng / dibaca: kali / Kat: SIMDA
BKD Palu Menggelar Diklat Penatausahaan Aset Daerah
05 September 2012 10:00:08 / sulteng / dibaca: kali / Kat: SIMDA
Pemerintah Kota Palu Gandeng Perwakilan BPKP Sulawesi Tengah Bimtek SIMDA Gaji