Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Kaper BPKP Sulteng : \"Perolehan Opini Jangan Membuat Terlena ! \"
10 Agustus 2018 19:34:43 / sulteng / dibaca: 83 kali / Kat: Reformasi Birokrasi

Furkanuddin, Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Laut yang mewakili Bupati menyampaikan dalam sambutannya di depan jajaran pimpinan OPD se-Kabupaten Banggai Laut, bahwa capaian kinerja daerah masih perlu ditingkatkan kembali. “Prestasi WTP yang kita raih saat ini, jangan membuat kita menjadi jumawa, melainkan tahapan kita mempertahankan ini agar ke depan terus menerus bisa dipertahankan.” Tuturnya.

 

Perjalanan tiga moda transportasi udara, darat dan laut harus ditempuh untuk mencapai Banggai ibukota Kabupaten Banggai Laut. Kabupaten yang letaknya paling jauh dari Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah ini memiliki letak geografis yang berbatasan dengan Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara. Sebagai Kabupaten yang belum sampai sepuluh tahun berdiri ini masih cukup banyak yang harus diperbaiki untuk mewujudkan Pemerintahan yang bersih, terkelola dengan baik dan dapat mensejahterakan masyarakat secara maksimal. Oleh karena itu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Sofyan Antonius dan Korwas Bidang APD, Eko Suwahyo melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat (8/8).

Furkanuddin, Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Laut yang mewakili Bupati menyampaikan dalam sambutannya di depan jajaran pimpinan OPD se-Kabupaten Banggai Laut, bahwa capaian kinerja daerah masih perlu ditingkatkan kembali. “Prestasi WTP yang kita raih saat ini, jangan membuat kita menjadi jumawa, melainkan tahapan kita mempertahankan ini agar ke depan terus menerus bisa dipertahankan.” Tuturnya.

Selain itu Inspektur Kabupaten Banggai Laut Ludin Mukhtar juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Banggai Laut sedang melakukan proses peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance). Proses tersebut antara lain melalui peningkatan kapabilitas APIP dan peningkatan maturitas SPIP. “Kedua kegiatan ini sedang berjalan beriringan.” Lugas diaspora BPKP ini.

Kepala Perwakilan Sofyan Antonius dalam paparannya menyampaikan hasil capaian kinerja Pemerintah Banggai Laut antara lain perolehan  hasil pemeriksaan BPK RI atas LKPD yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Perolehan ini tidak serta merta tahun depan akan WTP lagi, perolehan opini ini bukan seperti sekolah naik kelas 1, besok naik kelas lagi. Pemeriksaan LKPD meliputi kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) dan Sistem Pengendalian Intern yang baik. Implementasi Siskeudes Kabupaten Banggai telah mencapai 100%, yang perlu ditingkatkan adalah kompilasi data Siskeudes yang sampai saat ini 76,19% (kurang 15 desa). Kompilasi diperlukan sabagai informasi untuk mengetahui realisasi penyerapan keuangan desa dan sebagai resume laporan keuangan desa sebagai bagian dari LKPD. Kapabilitas APIP berada pada level 2, untuk memcapai level selanjutnya masih diperlukan infrastruktur beserta implementasinya. Dalam maturitas SPIP sekarang ini sedang dalam penilaian mandiri (self assessment). Hasil survey persepsi menunjukan point 2, 017. Penilaian risiko terhadap kegiatan utama Pemerintah Kabupaten maupun OPD diperlukan kebijakan dan prosedur beserta implemantasinya. Sofyan Antonius menyampaikan perlu bekerja sama dan bekerja keras seluruh jajaran OPD, Inpsektorat bukan penanggungjawab SPIP untuk OPD, Kepala OPD yang bertanggungjawab terhadap SPIP-nya masing-masing. Perwakilan siap mengawal capaian ini dengan memberikan konsultasi maupun fasilitasi tentunya apabila komitmen Pimpinan Kabupaten Banggai Laut juga mendukungnya.

Sekretaris Daerah Banggai Laut Furkanuddin mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kepala Perwakilan BPKP ini, dan akan dipakai sebagai cambuk menuju Banggai Laut yang lebih baik di sela penutupan kegiatan.

(APS) 



Share      

Berita Terkait:

09 Agustus 2018 08:31:55 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
BPKP Sulteng Siap Membantu Pencapaian Kinerja Pemda Banggai Kepulauan
23 Juli 2018 09:14:49 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
BPKP Sulteng : \"Konsultasi/Koordinasi Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Kanwil Kemenag\"
16 Juli 2018 13:41:19 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
“BAP DPD RI melakukan Kunjungan Kerja di Sulawesi Tengah”
29 Juni 2018 18:23:23 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
“Gubernur Sulteng mendukung Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah mendampingi Pemerintah Daerah”
14 Maret 2018 15:27:08 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
Gubernur Sulawesi Tengah Terima Hasil Laporan Pengawasan 2017


Profil Pewakilan Sulteng
Kata Pengantar
Sumber Daya Manusia
Struktur Organisasi
Tugas Pokok dan Fungsi
Visi Misi
Produk & Layanan
Pembinaan
Audit
Akuntabilitas
Unit Kerja
Bagian Tata Usaha
Bidang IPP
Bidang APD
Bidang Akuntan Negara
Bidang Investigasi
Bidang P3A
Tentang Sulteng
Wisata Sulteng
Profil Pemda
INFORMASI PUBLIK
Laporan Realisasi Anggaran
Laporan Keuangan
Program dan Kegiatan
Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
Rencana Strategis
Perjanjian Kinerja
Rencana Kinerja
Laporan Monitoring Kinerja Triwulanan
Laporan Kinerja
    

Majalah Topegugu

 

 

 

KANTOR PERWAKILAN BPKP PROVINSI SULAWESI TENGAH

Jalan Prof. Dr. Moh. Yamin, SH, Palu 94111
Telepon dan Faksimile : (0451) 421920
E-mail : sulteng@bpkp.go.id