Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

BPKP Sulteng Siap Membantu Pencapaian Kinerja Pemda Banggai Kepulauan
09 Agustus 2018 08:31:55 / sulteng / dibaca: 97 kali / Kat: Reformasi Birokrasi

Sofyan menjelaskan kembali, kendala-kendala yang akan dihadapi dalam proses pencapaian kinerja yang paling penting adalah komitmen pimpinan dalam pelaksanaan program maupun kegiatan yang ditindaklanjuti dengan kebijakan dan prosedur sebagai pegangan setiap pelaksana. “Pemantauan terhadap implementasi atas kebijakan dan prosedur, juga bagian penting dalam komitmen pimpinan.” Tutupnya.

 

Banggai Kepulauan merupakan Kabupaten yang letaknya di luar Pulau Sulawesi, dan masih dalam wilayah Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Perjalanan panjang dilalui untuk mensejahterakan masyarakatnya. Salah satunya, setelah pemekaran dari Kabupaten Banggai, saat itu beribukota di Kota Banggai (sekarang ibukota Kabupaten Banggai Laut). Untuk saat ini Kabupaten Banggai Kepulauan secara definitif beribukota di Salakan. Persoalan ini pun memiliki dampak dalam pencapaian kinerja Pemerintah Daerah, yakni dalam pengukuran kinerja keuangan. Permasalahan aset menjadi hal yang paling penting untuk diperbaiki dalam mengejar opini “WTP” dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah oleh Badan Pemeriksa Keuangan.

Persoalan ini menjadi salah satu pokok masalah yang dibahas dalam kegiatan koordinasi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan dengan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah yang bertempat di Ruang Rapat Inspektorat Kabupaten Banggai Kepulauan (Selasa/7/8).

Koordininasi ini dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Sofyan Antonius bersama Sekretaris DaerahRusli Moidady, InspekturM. Ilyas dan seluruh Kepala OPD Kabupaten Banggai Kepulauan dan beberapa ASN yang terkait dengan kinerja pemerintah daerah.

Rusli Moidady yang mewakili Bupati membuka kegiatan koordinasi ini menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Banggai Kepulauan masih dalam proses perbaikan diri, melakukan evaluasi atas beberapa masalah, dan tentunya akan melakukan koordinasi dengan instansi yang terkait dengan pencapaian kinerja. “BPKP adalah mitra Pemerintah Daerah dalam mengawal perbaikan capaian kinerja, kami siap melakukan kerjasama yang sinergis dan jika perlu meminta bantuan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah untuk membantu proses tata kelola pemerintahan yang baik.” Tegasnya. Ia menambahkan peranan Organisasi Perangkat Daerah agar mampu menerima masukan positif dari tim BPKP dan melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik.

Sofyan Antonius memaparkan capaian-capaian kinerja Pemerintah Daerah yang masih belum sesuai dengan harapan, capaian itu berupa implementasi Siskeudes dalam proses tata kelola keuangan desa, Kapabilitas APIP di Inspektorat yang perlu meningkatkan levelnya dengan membangun infrastruktur dan mengimplementasikannya secara terus menerus, Tingkat Maturitas SPIP yang bertujuan untuk melakukan pengendalian internal demi terwujudnya good government good governance dan opini LKPD atas hasil pemeriksaan BPK RI. “Setiap OPD perlu memetakan potensi resiko dan melakukan penilaian, hingga tahapan tindakannya. Sehingga nanti kegiatan pengendalian dilaksanakan dengan penuh komitmen dan tanggung jawab.” Tuturnya.

Sofyan menjelaskan kembali, kendala-kendala yang akan dihadapi dalam proses pencapaian kinerja yang paling penting adalah komitmen pimpinan dalam pelaksanaan program maupun kegiatan yang ditindaklanjuti dengan kebijakan dan prosedur sebagai pegangan setiap pelaksana. “Pemantauan terhadap implementasi atas kebijakan dan prosedur, juga bagian penting dalam komitmen pimpinan.” Tutupnya.

(APS)



Share      

Berita Terkait:

10 Agustus 2018 19:34:43 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
Kaper BPKP Sulteng : \"Perolehan Opini Jangan Membuat Terlena ! \"
23 Juli 2018 09:14:49 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
BPKP Sulteng : \"Konsultasi/Koordinasi Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Kanwil Kemenag\"
16 Juli 2018 13:41:19 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
“BAP DPD RI melakukan Kunjungan Kerja di Sulawesi Tengah”
29 Juni 2018 18:23:23 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
“Gubernur Sulteng mendukung Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah mendampingi Pemerintah Daerah”
14 Maret 2018 15:27:08 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Reformasi Birokrasi
Gubernur Sulawesi Tengah Terima Hasil Laporan Pengawasan 2017


Profil Pewakilan Sulteng
Kata Pengantar
Sumber Daya Manusia
Struktur Organisasi
Tugas Pokok dan Fungsi
Visi Misi
Produk & Layanan
Pembinaan
Audit
Akuntabilitas
Unit Kerja
Bagian Tata Usaha
Bidang IPP
Bidang APD
Bidang Akuntan Negara
Bidang Investigasi
Bidang P3A
Tentang Sulteng
Wisata Sulteng
Profil Pemda
INFORMASI PUBLIK
Laporan Realisasi Anggaran
Laporan Keuangan
Program dan Kegiatan
Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
Rencana Strategis
Perjanjian Kinerja
Rencana Kinerja
Laporan Monitoring Kinerja Triwulanan
Laporan Kinerja
    

Majalah Topegugu

 

 

 

KANTOR PERWAKILAN BPKP PROVINSI SULAWESI TENGAH

Jalan Prof. Dr. Moh. Yamin, SH, Palu 94111
Telepon dan Faksimile : (0451) 421920
E-mail : sulteng@bpkp.go.id