“35 Tahun BPKP, Mengabdi Negeri”

Palu (Rabu, 30/5), Pagi hari ketika mentari mulai menunjukkan sinarnya, puluhan pegawai dan Dharma Wanita Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah berkumpul bersama dengan semangat penuh dalam suasana ramadhan yang tidak menyurutkan antusiasme mengikuti upacara penutupan sekaligus dalam rangka Peringatan Ulang Tahun BPKP ke-35 tahun. Suara komando dari Hasanuddin (Kepala Sub Bagian Kepegawaian) terdengar lantang memimpin upacara ini dengan sukacita. Berseragam batik BPKP yang bercorak biru keemasan tampak terlihat menandakan satu kesatuan dalam hati, cita, dan cita. Adapun tema dari hari jadi tahun ini "Inovasi Pengawasan Untuk Akuntabilitas Pembangunan Negeri".

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah bertindak sebagai Pembina Upacara, membacakan Pidato Sambutan Kepala BPKP Ardan Adi Perdana yang berisikan ucapan syukur bahagia atas usia BPKP yang berumur 35 tahun. Kepala BPKP juga memberikan apresiasi tinggi kepada segenap insan BPKP di seluruh Indonesia yang senantiasa melakukan inovasi-inovasi dalam hal pengawasan dan memberikan kinerja terbaik selama ini. Ia berharap BPKP semakin jaya dan menjadi organisasi yang professional, amanah, serta dipercaya oleh para pemangku kepentingan. Perjalanan panjang BPKP mengawal akuntabilitas keuangan dan pembangunan, selama 10 tahun sebagai pembina Sistem Pengendalian Intern Pemerintah. Ia menambahkan BPKP selalu berupaya melakukan perbaikan yang berkelanjutan untuk memberikan kontribusi yang nyata bagi Indonesia. Pendekatan preventif ditekankan bersamaan dengan aspek audit yang seperti biasa dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, kehadiran BPKP dipercaya menjadi ujung tombak di bidang pengawasan intern melalui aktualisasi peran BPKP yang seringkali diundang untuk hadir dalam Sidang Kabinet Paripurna, Rapat Terbatas, maupun Rapat Intern memungkinkan BPKP untuk memberikan informasi yang relevan. Selain itu beberapa contoh pengawalan pembangunan nasional yang sedang dan telah dilakukan adalah pengawalan pada 245 proyek-proyek strategis nasional, program pemerintah yang bersifat program padat karya tunai, program penurunan stunting, maupun program-program pembangunan Papua dan Papua Barat.

Selain kegiatan upacara ini, dalam rangka peringatan ulang tahun tersebut telah diselenggarakan berbagai macam lomba olahraga, pentas seni, kegiatan kerohanian, dan bakti sosial untuk memeriahkan dan menyemarakkan momentum bahagia ini.

Pada acara puncak dilakukan sore hari menjelang berbuka puasa, dibacakan pengumuman hasil lomba yang telah dilalui sekaligus memberikan santunan kepada anak-anak Panti Asuhan Kasih Sayang, sebagai wujud kepedulian Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah bagi sesama. Dalam sambutan penutup, Sofyan Antonius menyampaikan rasa terimakasih atas terselenggaranya setiap event yang telah dilakukan, ia berharap kekompakkan dan rasa kebersamaan selalu terjalin dengan baik sehingga dapat meningkatkan kinerja yang lebih berarti bagi keberlangsungan BPKP dalam mengawal akuntabilitas di Sulawesi Tengah ini.

Pada moment ini yang menjadi Juara Umum adalah Bagian Tata Usaha yang mendapatkan 5 emas, 3 perak, dan 2 perunggu. Tahun 2018 adalah milik Bagian Tata Usaha, bagaimana dengan tahun 2019?

BPKP JAYA !

 (Humas Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah/AP)