Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

FRA Pengelolaan Keuangan Desa di Kecamatan Sigi Biromaru
22 Mei 2018 07:44:50 / sulteng / dibaca: 100 kali / Kat: Pemberantasan Korupsi

Fraud Risk Assessment (FRA) Pengelolaan Keuangan Desa merupakan salah satu bentuk inovasi pengawasan yang sedang dibuat oleh Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah untuk mewujudkan pelaksanaan pengelolaan keuangan desa yang transparan, bersih, dan terkelola sesuai dengan aturan main yang baik.

Pada pagi hari yang cerah, Selasa tanggal 15 Mei 2018 pukul 09.30 WITA, bertempat di Aula Eks Kantor Bappeda Kabupaten Sigi dimulailah pembukaan Kelas Fraud Risk Assessment (FRA) Pengelolaan Keuangan Desa bagi Pemerintah Desa pada Desa di Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. Pembukaan disampaikan oleh Staff Ahli Asisten II Pemda Kabupaten Sigi didampingi oleh Camat Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, dan Korwas JFA Bidang Akuntan Negara Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah. Peserta  yang hadir berjumlah 69 orang pemerintah desa terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, bendahara desa, kepala seksi, dan BPD yang berasal dari 17 desa di Kecamatan Sigi Biromaru.

FRA Pengelolaan Keuangan Desa merupakan salah satu bentuk inovasi pengawasan yang sedang dibuat oleh Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah untuk mewujudkan pelaksanaan pengelolaan keuangan desa yang transparan, bersih, dan terkelola sesuai dengan aturan main yang baik, serta dapat disusunnya data base/peta risiko kecurangan pengelolaan keuangan desa yang dapat digunakan oleh Inspektorat  dan DPMD Kabupaten untuk melakukan pengawasan dan pembinaan pengelolaan keuangan desa. Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah memilih 17 desa pada Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi sebagai contoh awal penerapannya.

Kegiatan Kelas FRA Pengelolaan Keuangan Desa bagi Pemerintah Desa pada desa di kecamatan Sigi Biromaru bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Pemerintah Desa tentang aturan main yang baik atas pengelolaan keuangan desa, mencari informasi tentang kondisi pengelolaan keuangan desa, dan memberikan pembekalan pola pikir bagi aparat pemerintah desa agar pengelolaan keuangan desa dapat dikelola dengan benar. Serangkaian kegiatan telah dilaksanakan berupa paparan Pengelolaan Keuangan Desa sekaligus pengisian kuesioner, penyampaian Video “Desa Kabeloa (Desa Kami Bersih Terkelola)”, mind setting kepada Pemerintah Desa agar pengelolaan keuangan desa dilaksanakan dengan bersih terkelola sehingga diharapkan tidak ada Pemerintah Desa yang berhadapan dengan Aparat Penegak Hukum, dan penyampaian arahan oleh Bpk. Sofyan Antonius selaku Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah tentang tugas dan peran BPKP dalam membina Pemerintah Daerah dan mengawal pengelolaan keuangan desa. Kegiatan Kelas FRA Pengelolaan Keuangan Desa bagi Pemerintah Desa pada Desa di Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi ditutup pada pukul 13.00 WITA oleh Camat Sigi Biromaru dan dilanjutkan dengan foto bersama seluruh Kepala Desa di di Kecamatan Sigi Biromaru dengan Tim BPKP Perwakilan Sulawesi Tengah. Diharapkan dengan dilaksanakan FRA Pengelolaan Keuangan Desa dapat diwujudkan perbaikan atas pengelolaan keuangan desa pada Pemerintah Desa.

Salam Kabeloa,
Humas BPKP Sulteng



Share      

Berita Terkait:

24 Maret 2014 10:46:09 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Bangun Sikap Anti Korupsi Sedari Dini!
09 Oktober 2013 09:52:00 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Jangan Menyerah Dalam Memberantas Korupsi
09 September 2013 07:00:56 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Student Today, Leader Tomorrow
14 Nopember 2012 11:58:20 / sulteng / dibaca: kali / Kat: Pemberantasan Korupsi
Seminar Korsup Pencegahan Korupsi pada Pemda Provinsi Sulteng dan Kota Palu


Profil Pewakilan Sulteng
Kata Pengantar
Sumber Daya Manusia
Struktur Organisasi
Tugas Pokok dan Fungsi
Visi Misi
Produk & Layanan
Pembinaan
Audit
Akuntabilitas
Unit Kerja
Bagian Tata Usaha
Bidang IPP
Bidang APD
Bidang Akuntan Negara
Bidang Investigasi
Bidang P3A
Tentang Sulteng
Wisata Sulteng
Profil Pemda
INFORMASI PUBLIK
Laporan Keuangan
Program dan Kegiatan
Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
Rencana Strategis
Perjanjian Kinerja
Rencana Kinerja
Laporan Monitoring Kinerja Triwulanan
Laporan Kinerja
    

Majalah Topegugu

 

 

 

KANTOR PERWAKILAN BPKP PROVINSI SULAWESI TENGAH

Jalan Prof. Dr. Moh. Yamin, SH, Palu 94111
Telepon dan Faksimile : (0451) 421920
E-mail : sulteng@bpkp.go.id