Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Berita Seputar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah

Penandatanganan Nota Kesepahaman BPKP dan BKKBN dalam Memperkuat Tata Kelola Pemerintahan yang Baik
16 Mei 2018 10:09:21 / sulteng / dibaca: 50 kali / Kat: MOU, Kerjasama

Inspektur Utama BKKBN mengatakan bahwa salah satu masalah yang dihadapi oleh BKKBN adalah kurangnya akuntabilitas dalam melaksanakan pengelolaan keuangan yang menyebabkan hasil pemeriksaan BPK pada Tahun 2016 untuk BKKBN dengan opini WDP. Selain hasil pemeriksaan BPK berupa WDP, masih banyak kekurangan lain pada  instansi BKKBN yaitu terkait hasil penilaian SAKIP, Maturitas SPIP serta Kapabilitas APIP sehingga BKKBN harus bekerja keras dalam meningkatkan hal-hal tersebut.

 

Selasa(15/5) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Sofyan Antonius, didampingi Korwas Kelompok JFA Bidwas IPP beserta para Auditor BPKP Perwakilan Sulawesi Tengah menghadiri acara Fasilitasi Pelaksanaan SPIP dan Zona Integritas WBK/WBBM bagi Pegawai Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah yang diselenggarakan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah. Acara tersebut dirangkaikan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antar Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah dan Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah.

Acara ini juga dihadiri oleh Inspektur Utama BKKBN, Agus Sukiswo.  Acara dimulai dengan sambutan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah. Dalam sambutannya, Abdullah menyampaikan implementasi SPIP BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah yang dinilai masih harus ditingkatkan. Oleh sebab itu, BKKBN akan berkomitmen serta konsisten dalam melaksanakan SPIP di lingkungan kerja agar dapat mencegah korupsi dan mencapai target menjadi instansi yang Bebas Korupsi. Untuk itu, Abdullah mewakili BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah mengucapkan terima kasih kepada BPKP dalam membantu BKKBN untuk mencapai target tersebut.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh Kepala Perwakilan BPKP dan Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Tengah dan disaksikan oleh Inspektur Utama BKKBN. Penandatanganan ini merupakan komitmen BPKP dalam mengawal Tata Kelola Pemerintahan yang baik di Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah.

Acara tersebut juga diisi dengan paparan dari Inspektur Utama BKKBN. Dalam paparannya, Inspektur Utama BKKBN mengatakan bahwa salah satu masalah yang dihadapi oleh BKKBN adalah kurangnya akuntabilitas dalam melaksanakan pengelolaan keuangan yang menyebabkan hasil pemeriksaan BPK pada Tahun 2016 untuk BKKBN dengan opini WDP. Selain hasil pemeriksaan BPK berupa WDP, masih banyak kekurangan lain pada  instansi BKKBN yaitu terkait hasil penilaian SAKIP, Maturitas SPIP serta Kapabilitas APIP sehingga BKKBN harus bekerja keras dalam meningkatkan hal-hal tersebut.

Selanjutnya, dalam sambutannya Kepala Perwakilan BPKP, Sofyan Antonius menyatakan bahwa BPKP siap dalam membantu mengawal usaha peningkatan Tata Kelola Pemerintahan yang baik di BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah khususnya mengenai SPIP. Hingga saat ini SPIP di BKKBN Sulawesi Tengah masih berada di Level 2. Pada level ini, BKKBN dianggap belum dapat mendeteksi risiko-risiko yang dapat terjadi pada instansi tersebut sehingga BKKBN harus mulai menganalisa daftar-daftar risiko agar BKKBN dapat menangkalnya sebelum terjadi.

Acara ini diharapkan dapat menjadi gerbang bagi BPKP dalam membina SPIP BKKBN serta bagi BKKBN untuk menjadi instansi yang lebih akuntabel dan bebas dari korupsi.



Share      

Berita Terkait:

14 Pebruari 2018 14:46:01 / sulteng / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
KUNJUNGAN KEPALA DINAS KESEHATAN PROVINSI SULAWESI TENGAH
31 Januari 2018 13:10:56 / sulteng / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Kunjungan Kerja KPID ke Kantor Perwakilan BPKP Sulawesi Tengah
25 Januari 2018 07:30:25 / sulteng / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Kunjungan Kerja Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Tengah ke Kantor Perwakilan BPKP Sulawesi Tengah
05 Januari 2018 16:40:52 / sulteng / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
DIALOG HUMANIS UNTUK TATA KELOLA YANG BAIK
02 Juni 2014 14:13:12 / sulteng / dibaca: kali / Kat: MOU, Kerjasama
Morowali Utara Jalin Kerjasama Pengelolaan Manajemen dengan BPKP Sulteng


Profil Pewakilan Sulteng
Kata Pengantar
Sumber Daya Manusia
Struktur Organisasi
Tugas Pokok dan Fungsi
Visi Misi
Produk & Layanan
Pembinaan
Audit
Akuntabilitas
Unit Kerja
Bagian Tata Usaha
Bidang IPP
Bidang APD
Bidang Akuntan Negara
Bidang Investigasi
Bidang P3A
Tentang Sulteng
Wisata Sulteng
Profil Pemda
INFORMASI PUBLIK
Laporan Keuangan
Program dan Kegiatan
Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
Rencana Strategis
Perjanjian Kinerja
Rencana Kinerja
Laporan Monitoring Kinerja Triwulanan
Laporan Kinerja
    

Majalah Topegugu

 

 

 

KANTOR PERWAKILAN BPKP PROVINSI SULAWESI TENGAH

Jalan Prof. Dr. Moh. Yamin, SH, Palu 94111
Telepon dan Faksimile : (0451) 421920
E-mail : sulteng@bpkp.go.id